4.22.2018

>> RASA NASIONALISME RADEN SALEH ADA DI DALAM LUKISAN PENANGKAPAN DIPONEGORO

Raden Saleh merupakan salah satu pelukis maestro terkenal yang diakui dunia berasal dari Jawa. Ia lahir di Semarang 1811 dan meninggal di Bogor 1880. Hidupnya dihabiskan di Eropa dan Jawa. Ia dianggap pelopor seni rupa modern Indonesia.

" Penangkapan Diponegoro " 
karya Raden Saleh, 112cm x 178cm, Cat minyak diatas kanvas
Dibuat Tahun 1857

Dengan kepiawainnya, ia melukis berbagai tema, di antaranya adalah lukisan sejarah Pangeran Diponegoro atau peristiwa perang Jawa, yang terjadi pada tahun 1825-1830. Lukisan ini terinspirasi oleh lukisan pelukis Belanda bernama Nicholaas Pienemaan bertajuk Penyerahan Diri Dipo Negoro kepada Letnan Jenderal H.M. de Kock, 28 Maret 1930, yang mengakhiri Perang Jawa.

Berbeda dengan Pienemaan, lukisan ini lebih bernada nasionalisme ala Jawa sekaligus memberi gambaran tentang dramatisasi hidup sang pangeran di depan tentara penjajah. Hal ini terlihat pada judul dan sikap figur Diponegoro yang ada pada lukisan Raden Saleh.

Lukisan ini dikerjakan Raden Saleh di Belanda dan diserahkan pada Ratu Belanda. Lukisan ini mengecam sikap penjajahan di Jawa dan menuntut agar Belanda mengembalikan martabat orang Jawa. Karena itu, Raden Saleh juga menggambar dirinya dalam lukisan, sebagai seorang saksi penangkapan yang penuh kecurangan tersebut.

Lukisan ini oleh Pemerintah Belanda diberikan kepada Pemerintah Indonesia pada 1978, bersamaan dengan peristiwa kembalinya sejumlah artefak warisan budaya lainnya. Sejak itu hingga kini, karya Raden Saleh ini menjadi bagian penting di Istana Kepresidenan Republik Indonesia.

No comments: