8.10.2015

>> LUKISAN PICASSO SENILAI Rp. 336 MILIAR DISITA OTORITAS PERANCIS



Petugas pabean Perancis menyita lukisan Pablo Picasso yang ditaksir senilai 25 juta euro atau lebih dari Rp. 366 miliar yang akan dikirim ke luar negeri pekan lalu.

Berdasarkan laporan pabean Perancis, Selasa (5/8/2015), lukisan berjudul "Kepala Seorang Wanita muda" itu disita karena seharusnya tidak boleh keluar dari Spanyol karena dianggap aset budaya negara.

Lukisan yang dibuat tahun 1906 itu ditemukan di dalam sebuah kapal di Corsica pada Jumat pekan lalu setelah mendapatkan bocoran bahwa benda seni tersebut akan dibawa ke Swiss.

Vincent Guivarch, asisten direktur pabean Perancis di mengatakan bahwa lukisan itu dalam keadaan terbungkus rapi dan siap dikirimkan.

Mahakarya Picasso itu dimiliki oleh bankir asal Spanyol Jaime Botin, yang sejak 2012 berupaya mendapatkan izin untuk mengekspor lukisan tersebut. Mei lalu, Mahkamah Tinggi Spanyol melarang Botin mengekspor lukisan itu ke Spanyol untuk dibawa ke balai lelang Christie's di London, Inggris.

Kapten kapal mengaku tidak mengetahui isi bawaannya dan tidak memiliki dokumen apa pun terkait izin pengiriman tersebut.

Pada bulan Mei lalu, balai lelang Christie's berhasil melelang lukisan Picasso berjudul "Wanita dari Algiers" hingga US$ 179,4 juta. Lukisan ini dianggap mahakarya seni kontemporer, menampilkan gambar abstrak wanita telanjang yang dilukis dengan gaya kubik.

Lukisan Algiers itu dibuat Picasso yang meninggal pada 1973 untuk mengenang kawan sekaligus rivalnya, Henri Matisse, seorang pelukis impresionis.

Sumber


Posting by JAVADESINDO Art Gallery
Lukisan repro Picasso harga terjangkau, klik disini.

No comments: