8.15.2015

>> DUA LUKISAN PEREMPUAN KARYA FRANCISCO GOYA YANG TERKENAL

Dua dari lukisan Francisco Goya yang terkenal adalah The Nude Maja (La maja desnuda) and The Clothed Maja (La maja vestida). Dua lukisan tersebut melukiskan perempuan yang sama dengan pose yang sama, dimana satu lukisan wanita dilukis dengan telanjang, dan lukisan yang satunya menggunakan pakaian.

Ia menggambarkan The Nude Maja setelah dihina di perkumpulan orang Spanyol. Tanpa sebuah alasan untuk lambang atau arti mitologi, lukisan itu menjadi “the first totally profane life-size female nude in Western art”. Dia menolak untuk melukis pakaian pada lukisan Maja, dan memilih untuk membuat lukisan yang baru. (tentunya gambar maja)

Identitas dari Maja tersebut sangat tidak jelas. Subyek yang paling terkenal dan paling menarik adalah the Duchess of Alba, dengan siapa Goya memeberikan sentuhan, dan nyonya dari Manuel de Godoy, yang kemudian menjadi pemilik lukisan itu.

Bukan dari kedua teori yang sudah memenuhi, dan semua itu mengingatkan seperti bahwa lukisan-lukisan itu kembali mewakili sebuah karangan yang ideal.

Pada tahun 1808 lukisan-lukisan itu dipegang oleh Ferdinand VI, dan pada tahun 1813 penyelidikan menyita kedua karya-karya sebagai “karya yang cabul”. Berikut lukisan " The nude Maja " dan " The clothed Maja "

Francisco Goya, The Clothed Maja, 95 × 190 cm, 1800



Francisco Goya, The Nude Maja, 98 × 191 cm, 1795



Posting by JAVADESINDO Art Gallery
Lukisan repro maestro Dunia harga terjangkau, order disini

No comments: