10.26.2020

>> S. SUDJOJONO MAMPU MENANGKAP MOMEN ISTIMEWA UNTUK DIABADIKAN SEBAGAI KARYA SENI

Lukisan karya pelukis maestro S. Sudjojono ini melukiskan cucu nya mau bobo atau tidur, biasanya saat anak kecil mau tidur rewel menangis, untuk menenangkanya, sang Ibu menggendong dan menyusuinya sehingga anak tertidur pulas, sebagaimana dalam lukisan ini, sebuah momen istimewa tentang kasih sayang Ibu yang sedang menyusui anaknya agar lekas tidur, telah menyentuh sisi alam bawah sadar sang pelukis untuk mengabadikanya diatas kanvas sebagai sebuah karya seni yang akan terus abadi dan bisa dikenang oleh diri sang pelukis, anak dan cucunya kelak saat besar nanti.


Lukisan ini berjudul " Rico cucu saya mau bobo " dilukis dengan media cat minyak diatas kanvas, ukuran 78cm x 58cm, dibuat pada tahun 1985. 

Rico bayi dalam gendongan Ibu merupakan cucu dari pelukis S. Sudjojono, sedangkan Ibu yang menyusui adalah anak dari pelukis S. Sudjojono.

Sudah menjadi ciri khas atau karakter dari lukisan karya S. Sudjojono disetiap karya lukisanya selalu lengkap dengan tahun pembuatan, hingga detail keterangan sebagai judul lukisan, bahkan tertulis cerita pada lukisanya. Sisi menariknya adalah setiap penikmat karya lukisanya diajak untuk mendalami jauh masuk kedalam kisah, cerita dan sejarah lukisanya, saat momen dalam lukisan dihayati, disana seolah penikmat lukisan bisa masuk menjadi bagian dari cerita lukisan tersebut.


No comments: