12.11.2019

>> KEINDAHAN KARYA SENI ABSTRAK DENGAN TEHNIK POURING

Dunia lukisan seolah tiada pernah habis untuk di eksplorasi, baik dari segi tehnik, proses dan gaya, seiring perkembangan jaman sejak era lukisan klasik hingga era lukisan modern saat ini, imajinasi dan kreatifitas seniman berkembang cukup pesat, media dan material lukisan tak hanya terbatas pada cat minyak diatas kanvas, gaya lukisan tidak hanya klasik, realis, naturalis, namun sudah jauh berkembang, banyak bermunculan gaya dan aliran lukisan baru, dan akan terus berkembang.

Para seniman terus bergerak, berimajinasi, mengeksplorasi hal-hal baru, mengkombinasikan gaya dan tehnik lukisan. Salah satu tehnik lukisan yang cukup populer saat ini, dan mengasyikan dalam proses pembuatan nya adalah lukisan abstrak dengan tehnik pouring, disini kita bermain warna tiada batas dengan pola-pola abstrak yang tidak pernah sama antara lukisan satu dengan lukisan lainya.

Lukisan abstrak dengan tehnik pouring umum nya menggunakan media cat akrilik diatas kanvas dan cat akrilik diatas media kayu, namun bisa juga diterapkan pada media kaca, besi, triplek, plastik pvc.
Proses nya cukup mengasyikan, kanvas dibentangkan, kemudian tiap warna cat sesuai yang di inginkan dituang satu persatu dalam wadah gelas, jika campuran cat dalam sebuah wadah gelas sudah penuh sesauai yang di dinginkan, balik gelas diatas kanvas lalu angkat gelas dan biarkan cat mengalir bebas dengan pengaturan irama sesuai imajinasi naluri seni, setelah cat mengalir rata diatas kanvas dan membentuk pola abstrak, biarkan sampai mengering, langkah terakhir adalah proses coating agar permukaan lukisan nampak berkilau indah. Coating bisa menggunakan clear water based atau resin.

Berikut adalah hasil lukisan abstrak dari berbagai seniman dengan tehnik pouring.












No comments: