11.20.2018

>> LUKISAN PORTRAIT OF AN ARTIST DISEBUT SEBAGAI SENIMAN PALING MAHAL DI DUNIA

Lukisan Portrait of an Artist (Pool with Two Figures), merupakan salah satu karya lukisan paling mahal di Dunia, entah apa yang membuat lukisan ini berharga fantastis, mungkin keberuntunganlah yang membuatnya.

Pelukis asal Inggris David Hockney disebut sebagai seniman paling mahal di dunia karena lukisannya yang berlokasi di kolam renang laku terjual dengan harga yang memecahkan rekor. Uang yang didapat mencapai USD 90 juta atau setara Rp 1,3 triliun (USD 1 = Rp 14.612).

Dilansir dari Money Makers, lukisan bernama Portrait of an Artist (Pool with Two Figures) dijual pada 15 November 2018 oleh miliarder Joe Lewis yang membelinya dari miliarder lain pada 1995.

Lukisan Portrait of an Artist (Pool with Two Figures)

Harga USD 90 juta itu melewati estimasi harga awal yakni USD 80 juta. Pelelangan dimulai dengan penawaran sebesar USD 18 juta (Rp 263 miliar) sebelum sampai ke Rp 1,3 triliun. Identitas pembelinya tak diketahui. Lukisan tersebut menampilkan Peter Schlesinger, mahasiswa seni di UCLA, yang merupakan mantan kekasih Hockney. Schlesinger sedang menatap kolam renang sembari menatap perenang yang menyelam ke arahnya.

Dengan ini, David Hockney menjadi seniman termahal yang masih hidup. Karyanya menggeser harga karya seni buatan seniman asal New York yaitu Jeff Koons. Pada 2013, karya Koons bernama Balloon Dog laku USD 58,4 juta.

Bloomberg menyebut, Lewis memiliki harta sebesar USD 5,8 miliar (Rp 84,7 triliun). Hartanya terkumpul dari kegiatan investasinya di bidang konsumen, perhotelan, dan agrikultur. Ia juga pemilik dari klub sepak bola Tottenham Hotspur. Ia juga terkenal sebagai kolektor seni seperti lukisan karya Pablo Picasso, Gustav Klimt, dan Edgar Degas.

No comments: