8.03.2020

>> LUKISAN BARONG BALI UNTUK WARISAN GENERASI KE GENERASI

Judul: Barong
Pelukis: Heno Airlangga
Ukuran: 70cm x 75cm
Media: Cat Akrilik diatas kanvas
Tahun: 2017

Lukisan Barong karya pelukis master, berkualitas karya seni tinggi, unik dan mewah, dilukis dengan style finger painting dan brushstroke, cat bertekstur dengan feksibilitas tinggi, istimewa untuk warisan seni dari generasi ke generasi.

Barong Bali adalah satu di antara begitu banyak ragam seni pertunjukan Bali. Barong merupakan sebuah tarian tradisional Bali yang ditandai dengan Topeng dan kostum badan yang dapat dikenakan oleh satu atau dua orang untuk menarikannya.

Barong menjadi salah satu tarian dengan unsur magis tinggi yang hanya boleh ditarikan dalam setiap upacara khusus di Bali.

Tarian ini merupakan kisah peperangan antara kebaikan dan kebatilan. Kebaikan disimbolkan dengan rupa Barong. Sedangkan kebatilan disimbolkan dengan wujud Rangda (raksasa), pertempuran yang terjadi antara Barong dan Rangda, tak pernah berkesudahan. Jadi tak ada yang kalah maupun menang.

Barong dan Rangda merupakan pasangan suami istri. Jadi dalam pertemuan keduanya, yang biasa disebut orang saling bertempur mengukur kesaktian, sebenarnya adalah bentuk melepaskan kangen antara suami dengan istri. Oleh karena itu, ‘pertempuran’ Barong dan Rangda tidak berakhir dengan kemenangan maupun kekalahan.

Ibarat dua sisi mata uang, antara Barong dan Rangda, sebenarnya merupakan pasangan yang saling membutuhkan. Hanya saja, dalam tarian itu, Barong dan Rangda tak pernah saling bertemu. Maka, ketika mereka saling berhadapan, yang muncul seperti peperangan tapi sebenarnya keduanya saling melepas kangen dengan cara yang berbeda.

Informasi dan pembelian:
Email: javadesindo@gmail.com
Telp-Whatsapp: 081 329 7 329 11

No comments: