8.13.2020

>> LUKISAN ABSTRAK BAGIAN DARI SENI RUPA MODERN

Lukisan abstrak merupakan bagian dari seni rupa modern, tidak terikat oleh aturan bentuk - bentuk proporsional ataupun obyek normal, apa yang dirasakan dan ingin disampaikan oleh sang seniman, biasanya tertuang dalam goresan dan permainan warna diatas media kanvas. Arti serta makna lukisan hanya sang pembuat lukisan abstrak yang mengetahuinya, sedangkan penikmat hanya bisa meraba atau menerka dari goresan dan warna lukisan, terkadang bisa salah dan terkadang bisa benar.

Didalam lukisan abstrak tersimpan misteri, penikmat bisa mengetahui arti serta makna lukisan yang sesungguhnya setelah sang pembuat lukisan memberikan penjelasan arti makna dari lukisan tersebut.

Berikut adalah salah satu lukisan abstrak karya pelukis master Heno Airlangga, ia menjelaskan secara detail isi makna dari lukisan abstrak yang dibuatnya.


Judul: Bayangan hitam masa lalu
Pelukis: Heno Airlangga
Ukuran: 43cm x 46cm
Media: Cat Akrilik diatas kanvas
Tahun: 2019



Makna dan Pesan Lukisan:
Setiap kita pasti memiliki kisah hitam masa lalu, entah itu dalam bentuk ketakutan, trauma, kemiskinan, kesulitan maupun musibah, saat bayangan hitam masalalu masih terpelihara didalam diri dan ingatan, ia akan menjadi hantu penghalang bagi diri untuk melangkah maju, ia bisa mengekang potensi dalam diri yang seharusnya bisa menjadikan diri hebat dengan potensi tersebut serta mampu membawa diri terbang tinggi untuk mendapatkan hidup bahagia.

Banyak  manusia yang hidupnya kelam karena bayangan hitam masa lalu, menjadi penakut, menjadi pengecut, menjadi peragu, bahkan tidak sedikit yang akhirnya menjadi gila.

Semua keputusan ada dalam diri, dan setiap diri memiliki kehendak bebas untuk memilih, apakah akan membiarkan bayangan hitam masa lalu menjadi hantu yang menakuti diri untuk menjadi hebat dan merenggut kebahagiaan, ataukah dengan ketegasan menutup diri rapat-rapat dari bayangan hitam masa lalu dan membuka diri untuk masa depan yang indah.

Lukisan abstrak dengan goresan hitam seolah mengakar adalah gambaran bayangan hitam masa lalu yang mengakar dalam diri, goresan hitam tidak menutup semua bidang lukisan, masih ada bidang-bidang lukisan yang diisi oleh beragam goresan warna coklat, kuning, abu, krem dan putih, warna-warna ini adalah gambaran semangat keberanian, potensi, kehendak diri, dan keyakinan. Ini adalah gambaran pertarungan pergolakan batin melawan bayangan hitam masa lalu dalam diri, menjadi pemenang atau menjadi pecundang adalah pilihan.

Informasi harga dan pembelian:
Email: javadesindo@gmail.com
Telp-Whatsapp: 081 329 7 329 11
Weblog Pelukis  ======>>> KLIK DISINI

No comments: