6.28.2019

>> SEDIKIT MENGENAL SIAPA SENIMAN ANDY WARHOL


Andy Warhol di dalam studio seni milik nya

Andy Warhol seniman multi talenta yang namanya melegenda, karakteristik dan kualitas karya nya  diapresiasi tinggi oleh kolektor, dimana salah satu karay termahal nya berjudul " Silver Car Crash (Double Disaster) " terjual seharga USD 105,4 Juta atau setara dengan Rp.1,5 Triliun.

Seniman bernama lengkap Andrew Warhola ini, adalah seniman yang multi-talenta. Selain sukses sebagai ilustrator handal, ia juga seorang pelukis, pembuat film, produser musik sekaligus selebriti. Idenya yang fenomenal, yaitu menyatukan seni komersial dan populer dalam karyanya (Pop-Art) membuat Andy dijuluki “Pope of Pop.”

Seniman asal Amerika ini, lahir di Pittsburgh, 6 Agustus 1928. Semasa kecil, Andy mengidap kelainan syaraf yang membuatnya harus selalu terbaring di ranjang. Ia banyak mengabiskan waktu bersama ibunya dan mengisi waktunya dengan menggambar, mendengarkan radio dan mengumpulkan foto selebriti di sekitar tempat tidurnya. Meski dalam kondisi sulit, masa kecilnya ini justru merupakan bagian penting bagi perkembangan kepribadian dan kemampuan Warhol.

 Silver Car Crash (Double Disaster) by Andy Warhol, 1963 

Warhol memperdalam bakat seninya dengan kuliah seni komersial di School of Fine Arts, Carnegie Institute of Technology, Pittsburgh. Ia memulai karir sebagai ilustrator di majalah dan periklanan. Ia lalu merambah dunia seni lukis pada tahun 1960an dan menciptakan banyak lukisan yang ikonik, karena menggunakan teknik Pop-Art. Sejumlah lukisan hits seperti brand Campbell’s Soup Cans, serta wajah selebriti seperti Elvis Presley, Marilyn Monroe, Elizabeth Taylor dll, lahir dari tangannya. Ciri khas lukisan Andy Warhol yang menonjol adalah pemakaian warna yang terang dan kontras.

Warhol terus melahirkan karya seni hingga akhir hayatnya. Ia meninggal pada 22 Februari 1987, karena serangan jantung. Di tahun itu pula, berdiri The Andy Warhol Foundation for Visual Art, sesuai keinginan Andy. Yayasan yang berlokasi di Pittsburgh ini, berfungsi sebagai museum resmi Andy Warhol dan memiliki misi mendorong ekspresi seni yang inovatif dan juga kreatif.

No comments: