2.20.2019

>> LUKISAN BERTEMA ANAK PAPUA DAN PRESIDEN JOKOWI LAKU TERJUAL Rp.2 MILIAR

Membicarakan karya seni seolah tidak ada habisnya, seiring majunya sebuah Negara, segala aspek diberbagai bidang pun secara otomatis mengalami perkembangan serta kemajuan secara signifikan, salah satunya adalah karya seni lukisan, dimana baru-baru ini telah diselenggarakan pameran lukisan sekaligus lelang lukisan lintas generasi disebuah hotel ternama di Jakarta.

Miliaran rupiah mengalir dalam acara lelang lukisan karya seni lintas generasi "Satu Arah untuk Indonesia Maju" di Ballroom Hotel Pullman Central Park, Jakarta pada Senin malam, 11 Februari 2019. Lukisan pertama karya seniman Kartika Affandi yang dilelang dengan harga awal Rp 100 juta, laku dengan harga Rp 2 miliar.

Nurdin Tampubolon adalah pembeli lukisan karya Kartika Affandi senilai Rp.2 Miliar tersebut. "Iya tadi saya membeli lukisan itu dengan harga Rp 2 Miliar pakai uang pribadi," ujar Nurdin saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta pada Senin, 11 Februari 2019.

Proses lelang karya Kartika Affandi itu laku seharga Rp 2 miliar dalam waktu lima menit saja. Di dua menit pertama, ada penawaran seharga Rp 1 miliar. Pada menit terakhir, kemudian terjual 2 miliar.

Saat pelelangan lukisan pertama, hadir calon presiden inkumben Joko Widodo atau Jokowi. Setelah lukisan pertama dilelang, Jokowi meninggalkan lokasi acara. Selanjutnya lelang berlanjut, namun tawaran harga tak setinggi ketika Jokowi hadir. Lelang masih berlangsung sampai lukisan ketiga dan semuanya laku di bawah Rp 1 miliar.

Ada 73 karya dari 32 seniman lintas generasi yang dilelang dalam acara ini. Lukisan dan karya seni rupa yang ditampilkan antara lain yakni karya-karya; I Nyoman Nuarta, Goenawan Muhammad, Hanafi, Erica, Nasirun, Anton Subiyanto, Kartika Affandi, Putu Sutawijaya, Hojatul, Gusmen Heriadi, Deddy Sufriadi, dan Heri Kris. "Ini bentuk dukungan para seniman untuk Pak Jokowi," Hasto Kristiyanto di Hotel Bidakara, Jakarta pada Senin, 11 Februari 2019.

Lukisan-lukisan tersebut dibanderol dengan harga awal Rp 15-500 juta. Adapula patung karya Nyoman Nyoman Nuarta bertema 'Dignity' yang dibanderol dengan harga Rp 550 juta.

sumber

No comments: