2.20.2019

>> KOLEKTOR INGGRIS BORONG 13 LUKISAN PICASSO SENILAI Rp.2,2 TRILIUN

Lukisan karya Pablo picasso menjadi salah satu dari sedikit karya pelukis maestro Dunia yang paling dihargai, dimana dalam setiap penjualan lelang harga karya lukisanya bernilai fantastis, dari ratusan miliar hingga triliunan rupiah, dan tentu saja para pembelinya adalah kolektor kelas Dunia yang notabene adalah para pengusaha super kaya.

Pembelian massal terhadap karya-karya Pablo Picasso terjadi di Inggris. Seorang kolektor London menghabiskan Rp 2,2 triliun membeli 13 karya Picasso yang masih dirahasiakan namanya.

Lewat tangan seorang firma penasihat seni Gurr Johns bernama Harry Smith, dia menyebut membeli empat karya Picasso. Termasuk di antaranya adalah potret kekasih Picasso di tahun 1937 senilai Rp 981 miliar di Balai Lelang Sotheby pada 28 Februari 2018.

" a Lover in a Beret Brings " salah satu lukisan karya Picasso terjual senilai Rp.680,5 Miliar

Sebelumnya Smith membeli sembilan karya seniman asal Spanyol itu di Balai Lelang Christie. Jika ditotal harganya mencapai Rp 2,2 triliun sepanjang pekan ini.

"Picasso adalah seniman abad ke-20 yang megah dan karyanya menarik bagi kolektor dan pecinta seni dari seluruh dunia," kata Smith dilansir dari Guardian.

"Lukisan Marie-Thérèse adalah potret karya Picasso. Daya tariknya terletak pada subyek, tanggal, kondisi, asalnya, dan fakta bahwa dia benar-benar laku di pasaran. Pasar seni memiliki ketersediaan Picasso yang cukup teratur dan sangat jarang melihat karya Picasso di pasar seperti ini," tuturnya.

Lukisan kekasih Picasso Marie-Thérèse, yang disebut 'Femme au Béret et à la Robe Quadrillée' sebelumnya dimiliki oleh keluarga sang seniman. Karya itu diselesaikan hanya beberapa bulan setelah dia menyelesaikan mahakarya di tahun 1937 'Guernica' dan 'Weeping Woman'.

Sampai saat ini kolektor yang membelinya dirahasiakan dan tak ingin diungkapkan namanya.

Referensi

No comments: