12.20.2020

PARA PELUKIS " OLD MASTER " DI ERA GOTHIC ( PROTO RENAISSANCE )

Renaisans atau Abad Pembaharuan adalah kurun waktu dalam sejarah Eropa dari abad ke-14 sampai abad ke-17, yang merupakan zaman peralihan dari Abad Pertengahan ke Zaman Modern. Pandangan-pandangan tradisional lebih menyoroti aspek-aspek Awal Zaman Modern dari Renaisans sehingga menganggapnya terputus dari zaman sebelumnya, tetapi banyak sejarawan masa kini lebih menyoroti aspek-aspek Abad Pertengahan dari Renaisans sehingga menganggapnya sinambung dengan Abad Pertengahan.

" Virgin and Child with Two Angels " karya Cimabué, 25.6cm x 20.8cm, tempera and gold on wood, 1280-1285
Renaisans adalah sebuah gerakan budaya yang berkembang pada periode kira-kira dari abad ke-14 sampai abad ke-17, dimulai di Italia pada Akhir Abad Pertengahan dan kemudian menyebar ke seluruh Eropa. Gerakan Renaissance tidak terjadi secara bersamaan di seluruh Eropa, gerakan ini juga tidak terjadi secara serentak melainkan perlahan-lahan mulai dari abad ke 15. Persebaran itu ditandai dengan pemakaian kertas dan penemuan barang metal. Kedua hal tersebut mempercepat penyebaran ide gerakan Renaissance dari abad ke-15 dan seterusnya. Sesudah mengalami masa kebudayaan tradisional yang sepenuhnya diwarnai oleh ajaran Kristiani, orang-orang kini mencari orientasi dan inspirasi baru sebagai alternatif dari kebudayaan Yunani-Romawi sebagai satu-satunya kebudayaan lain yang mereka kenal dengan baik. Kebudayaan klasik ini dipuja dan dijadikan model serta dasar bagi seluruh peradaban manusia. Dalam dunia politik, budaya Renaissance berkontribusi dalam pengembangan konvensi diplomasi. Sedangkan dalam ranah ilmu pengetahuan, gerakan Renaissance membantu meningkatkan ketergantungan atau kebutuhan atas hasil pengamatan atau observasi.
" The Raising of Lazarus " karya Duccio di Buoninsegna, 43.5cm x 46.4cm, Tempera and gold on panel, 1310 - 1311

Sejarawan sering berargumen bahwa transformasi intelektual ini adalah jembatan antara Abad Pertengahan dan sejarah modern. Meskipun Renaissance yang dipenuhi revolusi terjadi di banyak kegiatan intelektual, serta pergolakan sosial dan politik, Renaissance mungkin paling dikenal karena perkembangan artistik dan kontribusi dari polimatik seperti Leonardo da Vinci dan Michelangelo, yang menginspirasi berbagai kalangan dengan istilah "manusia Renaissance". Ada konsensus bahwa Renaissance dimulai di Florence, Italia, pada abad ke-14. Berbagai teori telah diajukan untuk menjelaskan asal usul dan karakteristiknya, berfokus pada berbagai faktor termasuk kekhasan sosial dan kemasyarakatan dari Florence pada beberapa waktu; struktur politik; perlindungan keluarga dominan, Wangsa Medici serta migrasi sarjana Yunani dan terjemahan teks ke bahasa Italia setelah Kejatuhan Konstantinopel ke tangan Turki Utsmani. Kata Renaissance, yang terjemahan literal dari bahasa Prancis ke dalam bahasa Inggris nya adalah "Rebirth" (atau dalam bahasa Indonesia "Kelahiran kembali"), pertama kali digunakan dan didefinisikan oleh sejarawan Prancis Jules Michelet pada tahun 1855 dalam karyanya Histoire de France. Kata Renaissance juga telah diperluas untuk gerakan sejarah dan budaya lainnya seperti Carolingian Renaissance dan Renaissance dari abad ke-12.

Berikut adalah daftar para seniman lukis " Old Master " di era Gothic ( Proto Renaissance ):
  • Gothic/Proto-Renaissance
  • Cimabue (Italian, 1240–1302), frescoes in the Basilica of San Francesco d'Assisi
  • Giotto di Bondone (Italian, 1267–1337), first Renaissance fresco painter
  • Duccio (Italian, 1255–1318), Sienese painter
  • Simone Martini (Italian, 1285–1344), Gothic painter of the Sienese School
  • Ambrogio Lorenzetti (Italian, c. 1290–1348), Gothic painter
  • Pietro Lorenzetti (Italian, c. 1280–1348), Sienese school
  • Gentile da Fabriano (Italian, 1370–1427), International gothic painter
  • Lorenzo Monaco (Italian, 1370–1425), International gothic style
  • Masolino (Italian, c. 1383–c. 1447), Goldsmith trained painter
  • Pisanello (Italian, c. 1395–c. 1455), International gothic painter and medallist
  • Sassetta (Italian, c. 1392–1450), Sienese International Gothic painter

No comments: