7.28.2018

>> LUKISAN TENGKORAK MEMECAHKAN REKOR DUNIA SEHARGA Rp.1,6 TRILIUN ( USD 110 MILLION )

Karya abstrak ini dibeli oleh Yusaku Maezawa, seorang pengusaha mode dan salah satu orang terkaya di Jepang, dengan kekayaan diperkirakan sebesar US$ 3,6 miliar. Pada 2016, ia menghabiskan US$ 98 juta untuk beberapa karya seni lainya, termasuk US$ 57,3 juta untuk karya Basquiat lainnya, lukisan yang menggambarkan sosok iblis bertanduk.

"Saya senang mengumumkan bahwa saya baru saja memenangkan mahakarya ini," kata Maezawa. “Ketika saya pertama kali menemukan lukisan ini, saya terpesona oleh begitu banyak kegembiraan dan rasa terima kasih atas kecintaan saya pada seni. Saya ingin berbagi pengalaman itu dengan sebanyak mungkin orang. ”

Sesuai dengan kata-katanya, pria berusia 41 tahun itu bermaksud meminjamkan karya seni terbarunya ke museum di seluruh dunia, sebelum akhirnya memberikannya tempat tinggal permanen di sebuah museum yang ia rencanakan untuk dirikan di kota kelahirannya, Chiba.

"Memecahkan rekor lukisan karya baru termahal senilai US$ 100 juta lebih untuk sebuah karya yang baru-baru ini pasti luar biasa," kata Gregoire Billault, kepala seni kontemporer di Sotheby's. "Saya pikir itu hanya berbicara tentang bakat sang seniman. Ini hanya emosi murni. Dia membawa sesuatu yang belum pernah terlihat sebelumnya."

Basquiat yang misterius meninggal karena overdosis heroin pada 1988, berusia 27 tahun. Ia memulai kariernya selama tujuh tahun sebagai seniman grafiti sebelum kematiannya.

No comments: