3.28.2013

>> MENGAPA BANYAK LUKISAN TUA ASAL BELANDA ADA DI INDONESIA?



Belanda telah menjajah Indonesia selama 350 Tahun, dan selama itu pula terjadi interaksi antara orang pribumi dengan orang-orang Belanda, terutama dengan kalangan pedagang kaya, pejabat dan petinggi kerajaan pada masa lalu.

Terutama para pedagang Belanda yang terkenal dengan VOC, pada masa lalu disamping menguasai monopoli perdagangan rempah-rempah di Indonesia, mereka juga membawa barang-barang dagangan dari negeri Belanda untuk dijual ke Indonesia, termasuk lukisan. Mereka membawa lukisan karya-karya pelukis Belanda pada masa itu, ada yang dijual dan ada yang dibuat untuk hadiah kepada kalangan pedagang kaya, pejabat dan petinggi kerajaan pada masa itu. Dan proses peristiwa penjualan ataupun hadiah lukisan terus berlangsung hingga akhir pendudukan Belanda di Indonesia, jadi tak terhitung berapa jumlah lukisan-lukisan dari pelukis Belanda termasuk juga lukisan-lukisan eropa lainya yang ada di Indonesia sejak  Abad-16.

Terutama pada gudang-gudang kerajaan atau kesultanan,  lukisan-lukisan tersebut merupakan hadiah dari para pejabat dan pedagang Belanda, dan juga gudang tua peninggalan Belanda, masih banyak terdapat lukisan-lukisan tua dari pelukis Belanda dan Eropa.

Seiring perkembangan jaman hingga saat ini, lukisan-lukisan Belanda atau lukisan Eropa tersebut terus dicari oleh para kolektor seni atau Galeri seni dan kemudian diperjual belikan berpindah dari tangan satu ke tangan yang lainya, hingga tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Lukisan-lukisan tua Belanda dan Eropa di Indonesia usianya rata-rata sudah ratusan tahun, termasuk pelukis Belanda terkenal Vincent van Gogh dan Rembrandt, harga lukisan - lukisan tua ini terbilang fantastis, mulai dari ratusan juta , puluhan miliar hingga ratusan miliar. Untuk lukisan Van Gogh telah mencapai rekor lukisan termahal Dunia saat dilelang di sebuah Balai Lelang kelas Dunia Christie, New York, dimana lukisan Van gogh laku terjual Rp.820 Milliar, lukisan berjudul "Portrait of Dr. Gachet".


Posting by JAVADESINDO Art Gallery


No comments: