10.12.2015

>> BELAJAR STRATEGI MARKETING LUKISAN DARI PICASSO



Pablo Picasso merupakan salah satu pelukis maestro Dunia yang saat masih hidup telah menikmati hasil jerih payah dari karya-karya lukisanya yang terjual dengan harga cukup tinggi, hingga ia dapat hidup serba kecukupan.

Meskipun pada waktu itu lukisan karya Picasso beraliran modern tetapi dapat diterima oleh masayarakat luas dan para pacinta lukisan, ternyata Picasso memiliki keberanian, strategi dan ide kreatif dalam memasarkan karya lukisanya. Meskipun pada awalnya Picasso tidak memiliki cukup dana untuk menggelar pameran, ia memutar otak dan menemukan ide untuk bekerjasama dengan pihak hotel atau Galeri seni dengan sistem bagi hasil dari lukisan yang berhasil terjual.

Sebelum pamera dibuka, Picasso menyiapkan semuanya sejak jauh hari, mulai dari mengirimkan undangan bagi orang-orang kaya potensial yang akan membeli lukisanya, membuat katalog lukisan, dan tak hanya itu, saat pembukaan pameran Picasso membagi-bagikan kartu nama, dan tentu saja itu menjadi jurus marketing ampuh agar supaya orang-orang yang hadir kenal dan mengingat sang pelukis untuk jangka panjang.

Strategi tersebut diterapkan oleh Picasso secara terus menerus hingga namanya menjadi terkenal dan karya-karya lukisanya diburu banyak kolektor dan pecinta lukisan dari seluruh Dunia hingga saat ini, beberapa lukisan Picasso pernah memecahkan rekor sebagai lukisan termahal di Dunia, seperi " Dora with a ca " dan " a La pipe ".


Author: Heno Airlangga
Lelang lukisan karya pelukis master, klik disini