10.02.2013

>> CANVAS DAN KERTAS, MEDIA PALING POPULER UNTUK MELUKIS

Melukis merupakan sebuah hobi yang mengasyikan, karena bisa menyalurkan inspirasi, relaksasi dan bisa menghasilkan uang. Namun disini akan membahas tentang canvas dan kertas yang menjadi media paling populer untuk melukis.

1. Canvas, adalah media yang sering dan populer digunakan untuk melukis, berbahan dasar kain sejenis blaco, dan juga ada yang berjenis canvas board yaitu canvas yang berbentuk papan, hampir semua pelukis mulai dari pelukis muda hingga pelukis terkenal Dunia menggunakan canvas sebagai media untuk melukis. Canvas merupakan media terbaik untuk melukis, bisa digunakan untuk cat minyak (berbasis minyak) dan cat acrylic (berbasis air), penggunaanya yang mudah bisa untuk berbagai jenis tehnik lukisan mulai dari halus hingga bertekstur.
Harga canvas bervariasi, tergantung pada kualitas bahan kain, semakin tebal jenis canvas akan semakin mahal harganya, canvas dengan kualitas tinggi bisa bertahan hingga ratusan tahun.

2. Kertas, adalah media khusus digunakan untuk melukis dengan cat air dan cat poster, juga sering digunakan untuk gambar atau sketsa.
Jenis kertas yang baik dan cocok untuk melukis dengan cat air adalah memiliki daya serap air 50%, dan tidak tembus hingga kebelakang. Lukisan dengan media kertas harus memiliki perawatan khusus, serta terlindung dalam bingkai berkaca agar bisa bertahan lama.

Semoga informasi diatas menambah pengetahuan tetang Dunia lukisan, selamat berkarya dan berekspresi.


Posting by JAVADESINDO Art Gallery



No comments: