5.18.2017

>> SOSOK PELUKIS WANITA DENGAN KARYA TERMAHAL DALAM SEJARAH

Sebuah lukisan bunga putih dari gulma, yang pernah tergantung di ruang makan George W Bush, awalnya lukisan itu dimiliki adik Georgia O'Keeffe, Anita O'Keeffe Young, sempat selama enam tahun masa jabatan George W Bush, lukisan itu dipajang di ruang makan pribadi presiden di Gedung Putih.

Lukisan bunga karya mendiang artis Amerika Serikat Georgia O'Keeffe dijual seharga $44,4 juta (Rp531 miliar) pada pelelangan, sehingga mencatat rekor termahal untuk karya seorang perempuan.

Karya ini mengalahkan rekor harga $11,9 juta (Rp144 miliar) yang dicapai untuk sebuah karya tak berjudul oleh Joan Mitchell, pada bulan Mei 2014.

Sotheby mengatakan lukisan bunga Georgia O'Keeffe "berada di jajaran lukisan paling dikenali dalam sejarah seni dan budaya popular".

Rumah lelang Sotheby's di New York mengatakan tadinya lukisan O'Keefee diperkirakan akan meraih sekitar $15 juta (Rp181 miliar) namun kemudian perkiraan itu dihancurkan karena adanya perang tawar-menawar antara dua pihak yang bersaing.

O'Keeffe, meninggal tahun 1986 pada usia 98, dan terkenal karena lukisan bunga dalam format besar atau seakan-akan disorot dari jarak sangat dekat.
Lukisan yang berjudul Jimson Weed/Bunga Putih No 1-nya ini merupakan salah satu dari tiga karyanya yang dijual.

Karya ini dilelang oleh Museum O'Keeffe di Santa Fe, New Meksiko, yang menyimpan sebagian besar karya-karyanya. Hasil penjual lukisan ini akan dipakai sebagai dana akuisisi museum.

O’Keeffe terkenal melalui lukisan-lukisannya yang menggambarkan bunga. Dia pertama kali mendapat perhatian komunitas seni New York pada tahun 1916. Dia suka membuat lukisan bunga dengan format besar, seolah-olah dilihat dari lensa pembesar.

O’Keeffe dianggap sebagai salah satu seniman paling penting pada abad ke-20 dan pelukis avant-garde terkemuka di New York.

No comments: