5.17.2016

>> MISTERI DIBALIK LUKISAN " THE OLD GUITARIST " KARYA PABLO PICASSO

Lukisan karya Pablo Picasso yang berjudul The Old Gitaris dibuat pada akhir Tahun 1903. melukiskan seorang kakek tua buta, berbadan kurus membungkuk dan lemah dengan pakaian tipis di atas gitarnya. Picasso terinspirasi untuk melukis The old Guitaris saat ia bermain di jalan Barcelona, Spanyol. Saat ini, lukisan The old Guitarist berada di Art Institute of Chicago.


Ada sebuah mistei dibalik lukisan The old Guitarist, dimana pada sebuah pengecekan menggunaan x-ray, gambar inframerah dan pemeriksaan oleh kurator mengungkapkan tiga sosok yang berbeda tersembunyi di balik lukisan ini, dan sampai saat ini tidak diketahui siapa sebenarnya sosok fihur dibalik lukisan The Old Guitarist.


Dari analisa sementara oleh ahli lukisan dan juga seorang pelukis master Heno Airlangga, bahwa adakalanya seorang pelukis diawal karir atau semasa hidupnya pernah mengalami masa krisis ekonomi, dengan kondisi seperti itu memaksanya untuk terus berkarya, tanpa adanya uang untuk membeli bahan cat atau canvas lukisan, sehingga berbagai cara dilakukan untuk menyalurkan ide dan imajinasinya yang saat itu muncul kedalam sebuah lukisan, salah satunya dengan melakukan cara meng - kanibal lukisan, yaitu cara menghapus lukisan lama yang dianggapnya tidak bagus, dengan dicat putih kemudian ditimpa kembali dengan lukisan baru, jika gaya lukisan dengan tehnik sapuan cat tipis, pasti tekstur cat pada lukisan lama akan terlihat sebagaimana lukisan Picasso " The old Guitarist " ini.

JAVADESINDO Art Gallery
Lukisan repro Picasso asli lukisan tangan, untuk interior ruangan KLIK DISINI




No comments: