5.24.2016

>> LUKISAN KARYA AFFANDI MENGGAMBARKAN SUASANA " TIMES SQUARE - NEW YORK "

Lukisan yang menggambarkan suasana Times Square - New York City, karya seni abstrak yang dilukis  oleh Pelukis maestro Affandi, ia membuat beberapa lukisan yang khusus bertema tentang Amerika, dan dipamerkan di Washington DC pada 11 September - 19 Oktober 1990, salah satunya adalah lukisan yang  berjudul " Times Square - New York " ini.

Times Square, New York - Affandi, 64x76.5cm, oil on canvas, 1958

Times Square adalah nama persimpangan jalan utama di Manhattan, New York City, Amerika Serikat. Persimpangan ini adalah tempat bertemunya jalan Broadway dan Seventh Avenue, dan mencakup kawasan antara West 42nd hingga West 47th Street. Kawasan di sekeliling Times Square yang disebut disebut Theatre District mencakup blok-blok dari timur ke barat antara Sixth Avenue dan Eighth Avenue, serta antara West 40th dan West 53rd Street dari utara ke selatan. Kawasan ini merupakan bagian sebelah barat dari distrik bisnis dan perdagangan yang disebut Midtown Manhattan.

Persis di tengah Times Square terdapat Gedung One Times Square yang dinding luarnya dipasangi papan iklan dan televisi berlayar lebar. Persimpangan Times Square dulunya bernama Longacre Square, namun nama persimpangan ini diganti menjadi Times Square sejak bulan April 1904 setelah harian The New York Times pindah ke Gedung Times yang baru selesai dibangun. Gedung Times lalu berganti nama menjadi One Times Square hingga sekarang ini.

Setiap malam tahun baru di Gedung One Times Square dilangsungkan upacara tahunan penurunan Bola Times Square. Times Square sering disebut "Persimpangan Dunia" atau "Great White Way" (arti harfiah: Jalan Terang Yang Agung), dan telah mencapai status sebagai markah tanah yang terkenal di dunia sekaligus simbol kota New York dan Amerika Serikat.


JAVADESINDO Art Gallery
Menambah wawasan tentang lukisan karya pelukis master, KLIK DISINI

No comments: