6.20.2024

>> LUKISAN ADALAH LUKISAN

Ditengah perkembangan zaman modern yang serba digital dan instant, lukisan menjadi salah satu benda seni yang tergerus dan seolah semakin terbenam oleh kemunculan digital printing, canvas printing, dimana teknologi tersebut secara kasat mata bisa meniru 100%  visual lukisan, ditambah lagi dari segi harga yang jauh berbeda, seperti langit dan bumi. Digital printing bisa dinikmati semua kalangan dengan harga sangat terjangkau, sedangkan lukisan dengan kualitas karya seni, dengan pasar terbatas hanya dinikmati oleh kalangan tertentu yang suka dengan seni.

" A Little Coaxing " by William Adolphe, 1890

Betapapun, sejak masa lalu saat manusia mengenal karya seni khusunya karya seni lukis hingga sekarang, lukisan tidak pernah punah, karena ia tidak bisa diwakili oleh apapun, meski teknologi-teknologi terbaru bermunculan, mesin-mesin canggih baru ditemukan untuk mengantikan lukisan.

Lukisan adalah lukisan, ia diciptakan oleh manusia yang memiliki akal, nurani dan rasa. Dibalik proses terciptanya setiap lukisan ada banyak cerita dan kisah dari sang seniman lukis, yang jika ditelisik lebih jauh, lebih mendalam, akan kita temukan banyak kisah, pengalaman dan pelajaran didalamnya. Susah senang dan manis pahit getirnya kehidupan mengiringi setiap proses terciptanya lukisan, tidak instant, ada rencana, ada pesan tersirat, imajinasi, kolaborasi, pertarungan batin dan masih banyak tantangan lainya, yang semua itu hanya bisa difahami secara detail oleh sang seniman itu sendiri.

Sampai kapanpun, karya seni lukisan ciptaan manusia tidak akan pernah bisa tergantikan, karena ia mengalir apa adanya menelusuri dari waktu ke waktu, zaman ke zaman, menjadi cerita sejarah, kultur budaya dari berbagai peradaban manusia diberbagai belahan Dunia.

*) Perspektif seni Heno Airlangga ( Artist - Art Curator )


No comments: