10.02.2017

>> LUKISAN POTRET DIRI TERAKHIR VAN GOGH, HADIAH ULANG TAHUN UNTUK IBU NYA

" Self-portrait without beard " karya Vincent van Gogh, ukuran 40 cm × 31 cm, menggunakan media cat minyak diatas kanvas.

Potret diri tanpa jenggot, dilukis langsung oleh Van Gogh pada September 1889, ini adalah karya terakhir potret diri Van Gogh, yang diberikan sebagai hadiah ulang tahun untuk ibunya, sebelum dia meninggal pada 27 Juli 1890.

Van Gogh merupakan pelukis maestro terkenal Dunia, yang memiliki kisah kehidupan dramatis, kelam dan tragis. Dimana semasa hidupnya dia menjalani kehidupan dalam kemiskinan dan depresi berat, serta kematianya menimbulkan kontroversi, ahli sejarah ada yang mengatakan Van Gogh meninggal bunuh diri karena tekanan hidup, dan ada juga yang mengatakan Van Gogh meninggal karena tertembak oleh anak kecil secara tidak sengaja bermain pistol rusak.

Lukisan-lukisan karya Van Gogh yang jumlahnya ribuan, tak satupun lukisanya terjual semasa hidupnya. Justru lukisanya memiliki harga fantastis dan laku keras diburu para kolektor seni, setelah dirinya meninggal dunia.

No comments: