5.07.2017

>> BUKTI KECINTAAN PELUKIS LEE MAN FONG PADA BUDAYA INDONESIA

Lee man fong, salah satu pelukis maestro terkenal yang dimiliki Indonesia, meski ia lahir di Tiongkok, namun kecintaanya pada Bangsa Indonesia telah merubah kehidupanya, ia besar dan menetap tinggal di Indonesia hingga akhir hayatnya, bukti kecintaan Lee man fong pada Indonesia adalah dengan banyak karya-karya lukisanya bertema tentang kultur dan budaya Indonesia, salah satunya adalah lukisan Penari Legong berikut ini.

Lee man fong, Penari Legong, konte dan pastel diatas kertas, 32cm x 55cm

Legong merupakan tarian klasik Bali yang memiliki pembendaharaan gerak yang sangat kompleks yang terikat dengan struktur tabuh pengiring yang konon merupakan pengaruh dari gambuh. Kata Legong artinya gerak tari yang luwes atau lentur dan gerak tari yang terikat oleh gamelan yang mengiringinya. Gamelan yang dipakai mengiringi tari legong dinamakan Gamelan Semar Pagulingan.

Legong dikembangkan di keraton-keraton Bali pada abad ke-19 paruh kedua. Konon idenya diawali dari seorang pangeran dari Sukawati yang dalam keadaan sakit keras bermimpi melihat dua gadis menari dengan lemah gemulai diiringi oleh gamelan yang indah. Ketika sang pangeran pulih dari sakitnya, mimpinya itu dituangkan dalam repertoar tarian dengan gamelan lengkap.

No comments: