3.16.2017

>> CORETAN PALING MAHAL SEPANJANG SEJARAH

Seringkali sebuah coretan dianggap tidak berarti atau tidak bermakna, coretan hanya dianggap sekedar iseng. Bahkan sering kita jumpai orang-orang akan dimarahi jika melakukan corat-coret disembarang tempat.

Untitled (New York City ) by Cy Twombly, 1968

Namun, tahukah anda, ada coretan termahal sepanjang sejarah? Ya, coretan itu dilahirkan oleh seorang seniman abstrak asal Amerika Serikat, coretan tersebut berbentuk dalam sebuah lukisan asbtrak dengan media kapur tulis diatas papan hitam ( Chalk on Blackboard ). Tidak tanggung-tanggung, karya seni ekspresionis-Abstrak ini dibandrol dengan harga USD 70 Juta atau setara dengan Rp.931 Miliar. Dan laku terjual di sebuah Rumah Lelang Christie's, New York pada 11 November 2015 yang lalu.

Mungkin bagi masyarakat awam, coretan ini merupakan coretan tak bermakna serta tidak memiliki nilai, bahkan jadi bingung sendiri mengapa ada orang yang mau membeli lukisan coretan tersebut. Namun, bagi pengamat seni, kritikus serta kolektor seni, gaya lukisan ini menjadi tonggak sejarah serta kemajuan baru bagi sejarah seni rupa modern, yang bebas dalam mengekspresikan ide serta imajinasi, dan tidak terikat oleh aturan-aturan baku sebagaimana dalam dunia seni klasik.


By JAVADESINDO  Art Gallery
Pusat Lukisan berkelas dan  berkualitas tinggi, KLIK DISINI

No comments: