2.17.2017

>> PELUKIS INI MENGGUNAKAN DARAH MENSTRUASI UNTUK MEMBUAT LUKISAN

Imajinasi seorang seniman merupakan gudang informasi untuk ide, yang kemudian di visualisasikan dalam bentuk sebuah karya lukisan diatas berbagai media seperti canvas, kertas, board, dll.

Seperti seniman wanita asal Romania bernama Timi Pall ini, menggunakan bahan melukis diluar kebiasaan, ia melukis menggunakan darah menstruasi nya setiap bulan, Timi menghabiskan waktu selama 9 Bulan untuk menyelesaikan karya besar nya ini.

Untuk menyelesaikan lukisan ini, alat melukis yang digunakan Timi hanyalah jari tangan dan kapas saja, setiap bulanya ia menyelesaikan satu lembar kanvas, selama 9 Bulan. Kemuadian ke-9 kanvas ini disatukan untuk menjadi lukisan yang sempurna.
Kemudian Timi memposting hasil karya ini di Facebook sambil menuliskan kalau karyanya ini bisa membuat orang mengerti betapa berharganya setiap menstruasi yang dialami wanita setiap bulanya.

Sebagai seorang seniman dan desainer, Timi menuliskan “ Percobaan kali, saya mengetahui keindahan dan penderitaan, berharganya setiap menstruasi setiap wanita yang mengubah hidupku. Sel telur saya juga ikut hancur dan terbuang bersama dengan darah menstruasi, saya menyadari  akan kemungkinan adanya sebuah makhluk yang bernyawa dan inilah yang membuat saya berpikir akan karya ini. Saya merasa karya seni juga memiliki misi sendiri, walaupun dia tidak bisa melihat, bicara ataubernafas, tapi justru lewat dirinya, penonton bisa melihat, berbicara atau merasakan sesuatu”.

Sebenarnya, Timi bukan orang pertama yang melukis menggunakan darah menstruasi. Di Tahun 20015 lalu, seorang seniman wanita bernama Jess Cummin juga pernah melakukanya. Ia menggunakan kuas dankapas untuk melukisnya.
Dia berkata, “ Aku erasa mungkin orang lain merasa jijik, tapi sebenarnya sama sekali tidak, ini tidak ada bedanya dengan melukis menggunakan cat air atau cat minyak”.

*) GALERI ONLINE KHUSUS LUKISAN BERKUALITAS TINGGI, ORDER DISINI.

No comments: