10.25.2016

>> LUKISAN INI MEMILIKI MAKNA DAN PESAN YANG BISA MENJADI INSPIRASI

" Biarkan dia berproses " Karya Heno Airlangga, 70cm x 72cm, Acrylic on canvas, 2016

Ada anak kecil yang melihat kupu-kupu bersusah-susah keluar dari kepompong nya, sang anak tidak tega dan merasa kasihan, kemudian dibantulah kupu-kupu tersebut dikeluarkan dari kepompong nya, lalu apa yang terjadi selanjutnya? Si kupu-kupu terkulai lemah tidak bisa terbang, dan selamanya ia tidak akan bisa terbang. Seandainya anak kecil tadi membiarkan  si kupu-kupu berproses alami untuk keluar dari kepompong, tanpa dibantu, maka si kupu-kupu pasti bisa terbang.

Saat kupu-kupu berproses berjuang susah payah, melalui kesulitan untuk keluar dari kepompong, disitu sebenarnya ia melatih sayapnya untuk menjadi kuat dan selanjutnya bisa terbang, karena ia dibantu tanpa kesulitan keluar dari kepompong menjadikan sayapnya lemah dan tidak bisa terbang.
Begitu juga dalam kehidupan, saat manusia sejak kecil selalu dimanja, dimudahkan dengan berbagai fasilitas, orang tua selalu merasa kasihan jika melihat anak nya susah dan selalu membantunya, tanpa disadari sebenarnya orang tua telah membentuk jiwa anak menjadi lemah dan akan selalu tergantung dengan orang lain kelak jika sudah dewasa, sebagaimana kisah kupu-kupu diatas.

Biarkan semuanya berproses, belajar dalam kesulitan akan membentuk jiwa yang tangguh dan mandiri, namun sebaliknya, segala kemudahan yang bukan hasil jerih payah sendiri akan membuat mental menjadi lemah dan ketergantungan kepada orang lain.

Untuk melihat koleksi lengkap lukisan karya pelukis master Heno Airlangga, silahkan KLIK DISINI.

No comments: