7.21.2016

>> TERUNGKAP SATU LAGI LUKISAN KARYA VINCENT VAN GOGH

Van Gogh Museum di Amsterdam telah mengindentifikasi lukisan baru karya pelukis asal Belanda tersebut. Pihak museum mengatakan dalam lukisan yang diberi judul "Sunset at Montmajour'' terdapat pohon, semak-semak, dan langit dengan gaya goresan khas Vincent van Gogh.

Lukisan ini dibuat dalam periode penting van Gogh saat menetap di Arles, Perancis selatan. Museum Van Gogh mengatakan mereka bisa menentukan kapan "Sunset Montmajour" dilukis karena karya ini disinggung van Gogh dalam surat ke saudaranya, Theo, pada Juli 1888.

Para pakar di Museum Van Gogh mengatakan lukisan ini diverifikasi antara lain melalui gaya dan material fisik yang dipakai, dan juga mereka telah melakukan penelusuran sejarah. Selama ini "Sunset at Montmajour'' berada di tangan kolektor pribadi dan dibawa ke museum di Amsterdam dua tahun lalu untuk diverifikasi.

Menurut kantor berita Associated Press, museum tidak menjelaskan secara rinci bagaimana "Sunset at Montmajour" ditemukan, tetapi disebutkan dimiliki warga Norwegia yang mengira ini bukan karya asli van Gogh. Direktur Museum Van Gogh, Axel Rueger, mengatakan, pihaknya sempat menyatakan pada 1990-an bahwa lukisan ini bukan karya van Gogh karena tidak ada tangan dalam lukisan tersebut.

Namun, teknik penelitian baru dan investigasi selama dua tahun membuat mereka yakin bahwa "Sunset at Montmajour" adalah benar-benar dilukis oleh van Gogh.

No comments: