4.09.2016

>> MENGAPA LUKISAN VAN GOGH TIDAK ADA DI INDONESIA?

Mengapa Lukisan Vincent van Gogh tidak ada di Indonesia, sedangkan lukisan karya Pelukis - pelukis Belanda lainya banyak yang ada di Indonesia? Pertanyaan itu  sempat terlintas dibenak saya, seharusnya lukisan Van Gogh banyak di Indonesia, sebagaimana kita tahu Belanda secara langsung berhubungan dengan orang-orang Indonesia sejak awal Negara tersebut menjajah Indonesia, hubungan interaksi orang Indonesia dan orang Belanda telah terjalin sejak abad-15, dan  Van Gogh hadir sebagai seorang pelukis pada pada era 1853 - 1890.

Vincent van Gogh

Setelah saya observasi dari berbagai sumber dan sejarah dari Van Gogh sendiri, jawaban dan alasan mengapa tidak ada Lukisan Van Gogh di Indonesia, adalah Pelukis Van Gogh saat itu belum dikenal dan tidak terkenal, lukisanya tidak ada orang yang suka ataupun tertarik untuk mengkoleksinya, lukisanya memiliki goresan kasar dan obyek yang tidak jelas ( anggapan orang waktu itu ), Van Gogh sendiri tidak pernah satupun berhasil menjual lukisanya semasa ia hidup, bahkan teman atau kenalanya enggan untuk menerima lukisan pemberian gratis dari Van Gogh.

Itulah sebabnya orang Belada waktu itu ( pedagang atau pejabat Belanda ) yang datang ke Indonesia tidak pernah membawa lukisan Van Gogh, namun mereka membawa banyak lukisan-lukisan bergaya klasik, naturalis atau realis yang lebih bisa diterima masyarakat pada waktu itu, sebut saja lukisan karya Isaac Israƫls, Adriaen Brouwer, Johannes Rach, Hendrick Cornelisz Vroom, Jan Rudolph van Musschenbroek, Pieter Bruegel Senior, Floris Arntzenius, W.O.J. Nieuwenkamp, Johan Frederik Engelbert ten Klooster, M. Streckenbach, dan masih banyak lagi.

" Portrait of Dr. Gachet " by Van Gogh

Itulah misteri sejarah, sesuatu yang awalnya tidak dihargai orang, mereka tidak tahu bahwa dikemudian hari, sesuatu yang tidak dihargai tersebut akan menjadi hal yang sangat berharga, dicari dan diburu banyak orang, sebagaimana lukisan karya Vincent van Gogh ini. Dimana lukisan karya Van Gogh saat ini menjadi salah satu karya seni paling populer dan paling mahal, karya lukisanya masuk sebagai karya seni termahal di Dunia.

Lukisan karya Vincent Van Gogh berjudul " Portrait of Dr. Gachet " dilelang dan terjual US$ 82,5 Juta atau setara dengan Rp. 1,1 Triliun.

Penulis: Heno Airlangga

No comments: