4.14.2016

>> LUKIS DINDING MENGANDUNG PESAN MORAL TINGGI

Ketika dilakukan dengan sungguh-sungguh, lukisan dinding di jalanan juga bisa menjadi karya seni yang mengagumkan. Seorang seniman lukisan jalanan asal Inggris dikenal dengan karya-karyanya yang membawa pesan politik, keadilan, dan kemanusiaan.


Karya-karyanya terkenal bukan hanya di Bristol, Inggris, namun juga di berbagai bagian dunia lainnnya. Lukisan jalanannya bahkan ada di Jalur Gaza baru-baru ini sebagai caranya menarik perhatian dunia akan masalah kemanusiaan dan penderitaan di sana.

Karya-karya Banksy merebak dari kehidupan jalanan di Bristol, yang melibatkan kerjasama seniman dan pemusik. Para pengamat mendapati bahwa gayanya mirip dengan Blek le Rat yang memulai karya stensil di Paris pada tahun 1981.


Banksy tidak menjual foto ataupun perulangan karya-karyanya. Para juru lelang yang berusaha menjual karya-karyanya membebankan tanggungjawab pengambilan karya-karya itu kepada para peminat yang membeli karya tersebut.


Seniman yang dikenal dengan nama samarannya, Banksy, bahkan mendapatkan beberapa penghargaan semisal Toronto Film Critics Association Awards – Best First Feature 2010, Independent Spirit Award for Best Documentary Feature, dan Washington D.C. Area Film Critics Association – Best Documentary Film 2010.


Walaupun jatidiri aslinya tidak diketahui, sejumlah sumber yang dipercaya menyebutkan bahwa orang tersebut adalah Robin Gunningham, seorang lulusan sekolah umum di Bristol Cathedral Choir School.


JAVADESINDO Art Gallery
Galeri khusus lukisan berkualitas tinggi, KLIK DISINI

No comments: