3.12.2016

>> LUKISAN WANITA BALI KARYA W.G HOFKER

Keindahan dan eksotisnya pulau Bali lengkap dengan kultur serta kehidupanya telah mampu  menarik perhatian banyak seniman atau pelukis baik dari dalam maupun luar negeri. Sederet pelukis-pelukis maestro luar negeri yang telah menapakan karir dan kehidupanya di Pulau Dewata tersebut adalah W.G Hofker, R. Bonnet, Le Mayeur, Atonio Blanco, Walter Spies, Gerard Adolf, Arie Smit, Rolland Strasser dan masih banyak lagi.

Sebagaian besar lukisan karya para maestro yang pernah tinggal di pulau Bali tersebut bertema tentang budaya, kehidupan dan alam Bali, dari bukti sejarah tersebut sudah sejak jaman dahulu Pulau Bali telah dikenal luas keseluruh penjuru Dunia.

Salah satu pelukis maestro asal belanda yang hampir semua karya lukisanya bertema tentang kehidupan dan kultur Bali adalah Willem Gerard Hofker, ia lahir di Den Haag, Belanda pada tanggal 2 Mei 1902, dan meninggal dunia di Amsterdam 30 April 1981. Kebanyakan karya Hofker di Indonesia dibuat dalam periode antara Tahun 1938 - 1944. Karya lukisanya bergaya halus, mengalir, dan juga puitis. Di Bali sebagian besar lukisan nya bertema kuil dan kehidupan agama di pulau Bali, dan orang-orang Bali, berikut beberapa lukisan karyanya.


Gadis-gadis Bali dalam pesta pura, Cat minyak diatas canvas, 90cm X 61cm


Gusti Kompyang dalam pesta pura, Cat minyak diatas canvas, 101cm X 74cm, Th 1941


Membakti, konte dan pastel diatas kertas, 52cm X 29,5cm


Ni cawan,penari legong, konte dan pastel diatas kertas, 47,5cm X 32cm


Ni Dablik, Pastel diatas kertas, 45cm x 31,5cm, Th 1938


Gadis Bali pada upacara melis, Cat minyak diatas canvas, 71,5cm X 50,5cm, Th 1940



JAVADESINDO Art Gallery

No comments: