3.24.2016

>> 17 FAKTA MENARIK TENTANG PELUKIS BESAR MICHELANGELO

Michelangelo merupakan pelukis, pamatung, dan arsitek Italia dari era Renaissance. Selain itu, Michelangelo juga dikenal sebagai seorang penyair dan insinyur. Dia memberi kontribusi sangat berharga pada masing-masing bidang yang ditekuninya dan menjadi seniman abad ke-16 yang paling terdokumentasi. Berikut adalah beberapa fakta penting tentang seniman besar ini.

1. Michelangelo lahir pada tanggal 6 Maret 1475 di dekat Arezzo, Tuscany. Nama lahirnya adalah Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni.
Dia dibesarkan di Florence dan kehilangan ibunya saat masih kecil. Setelah itu, Michelangelo dibesarkan dalam keluarga seorang tukang batu di kota Settignano.

2. Michelangelo sering tidak puas dengan dirinya sendiri. Dia menganggap seni sebagai sesuatu yang berasal dari inspirasi batin. Dia adalah orang yang amat produktif dan sering menarik diri dari dunia luar.

3. Minatnya dalam seni membuatnya kurang tertarik pada sekolah. Michelangelo lebih suka menghabiskan hari menyalin lukisan dari berbagai gereja dan banyak bergaul dengan pelukis. Namun, Michelangelo pernah selama dua tahun, dari tahun 1490, menghadiri sekolah Lorenzo. Di sini, banyak karya-karya seniman terkemuka yang kemudian mempengaruhinya.

4. Beberapa karya terkenal Michelangelo dari periode ini meliputi, Madonna of the Steps, Battle of the Centaurs, dan pahatan salib dari kayu, Crucifix, yang diberikannya untuk gereja.

5. Salah satu karya Michelangelo yang paling terkenal adalah Pieta, yang merupakan penggambaran Yesus di pangkuan Bunda Maria. Vasari, pelukis dan arsitek Italia menjelaskan karya ini sebagai sebuah keajaiban dan sebagai ciptaan kesempurnaan karya seni dari blok batu. Pieta adalah satu-satunya karya yang ditandatangani oleh Michelangelo.


6. Statue of David (Patung Daud) yang diselesaikan Michelangelo pada tahun 1504 adalah salah satu karya masterpiece era Renaissance. Patung ini melambangkan kebebasan Florentina dan terbuat dari blok marmer.

7. Patung Musa (Statue of Moses) menjadi fitur paling mencolok dari makam Paus, yang secara mengejutkan merupakan salah satu karya yang tidak membuat puas Michelangelo.



8. Menariknya, Michelangelo tetap tidak puas meskipun sudah menghabiskan berbulan-bulan dalam memilih blok marmer untuk karya-karyanya.

9. Pada bagian langit-langit Kapel Sistina terdapat lukisan fresco berjudul Penciptaan Adam yang merupakan karya Michelangelo.


Lukisan ini selesai sekitar tahun 1511-1512, dan menunjukkan Tuhan meniupkan napas kehidupan ke Adam, yang merupakan penggambaran narasi penciptaan alkitab dari Kitab Kejadian. Lukisan Penciptaan Adam merupakan sebuah karya seni hampir tak tertandingi dan menjadi salah satu lukisan paling direplikasi sepanjang masa. Dibuat mulai tahun 1508, lukisan ini membutuhkan waktu hampir 4 tahun untuk menyelesaikannya.

10.  Catatan sejarah mengungkapkan Michelangelo vakum dari berkarya di bidang seni antara tahun 1527-1529 untuk membela Republik Florence.

11.  Lukisan fresco The Last Judgment (Pengadilan Terakhir) adalah karya ternama lain Michelangelo. Paus Clement VII menugaskan Michelangelo melakukan pekerjaan ini yang digarap antara tahun 1534-1541.

St Bartholomew yang digambarkan dengan kulit terkelupas di The Last Judgment, sebenarnya merupakan potret diri Michelangelo.

12. Karya arsitektur Michelangelo meliputi fasad untuk Gereja Brunelleschi dari San Lorenzo di Florence (belum selesai), desain Kapel Medici, makam Giuliano dan Lorenzo Medici, serta desain pintu masuk dan tangga untuk Perpustakaan Laurentian.

Desain bulat telur untuk trotoar Campidoglio juga merupakan karya Michelangelo.

13. Lima tahun kemudian, Michelangelo ditunjuk sebagai arsitek untuk kubah Basilika Santo Petrus. Sketsa karya nya ditemukan pada tahun 2007.

14. Michelangelo juga dikenal sebagai seorang penyair. Sekitar 300 karya puitisnya berhasil didokumentasikan.

15. Dijuluki sebagai Renaissance Man, Michelangelo juga dikenal sebagai Il Divino yang berarti, ‘yang ilahi’.

Para seniman setelahnya sangat dipengaruhi oleh karya-karya Michelangelo. Upaya mereka untuk mengikuti seniman ini memunculkan gerakan High Renaissance.

16. Michelangelo meninggal pada 18 Februari 1564 pada usia 88 tahun dan dimakamkan di Basilika Santa Croce di Florence, Italia.

17. Michelangelo adalah seniman Barat pertama yang biografinya diterbitkan ketika dia masih hidup. Kematiannya merupakan kehilangan yang sangat besar di jamannya.


JAVADESINDO Art Gallery
Lukisan buah segar untuk dekorasi ruang makan, KLIK DISINI

No comments: