2.01.2016

>> PEMANDANGAN SAWAH DI KAKI GUNUNG LAWU KARYA SANG PELUKIS MAESTRO DULLAH


Lukisan ini menggambarkan eloknya pemandangan alam persawahan yang masih alami di kaki bukit Gunung Lawu - Tawangmangu, Jawa Tengah. Sentuhan karya seni tinggi oleh sang pelukis maestro Dullah, melukiskan keadaan alam sebenarnya pada masa itu sekitar 1950-an.

Hamparan luas ladang persawahan yang berbukit - bukit dengan latar belakang Gunung Lawu, nampak padi sudah menguning pertanda menjelang masa panen. Alam di kaki Gunung Lawu sangat subur, tidak hanya tanaman padi, berbagai jenis tanaman termasuk buah-buahan dan aneka jenis sayuran dihasilkan dari sini, sehingga bisa untuk memenuhi kebutuhan pangan pokok untuk penduduk sekitarnya.

Pelukis Dullah lahir di Solo, Jawa Tengah, 17 September 1919, ia dikenal sebagai seorang pelukis realis / naturalis. Corak lukisannya realistik. Mempunyai kegemaran melukis portrait (wajah), pemandangan alam dan komposisi-komposisi yang menampilkan banyak orang (group). Diakui, Dullah belajar melukis dari dua orang Gurunya yang sekaligus merupakan pelukis ternama, yaitu S. Sudjojono dan Affandi. Meskipun demikian corak lukisannya tidak pernah mempunyai persamaan dengan dua orang gurunya tersebut.  




No comments: