1.29.2016

>> LUKISAN ABSTRAK DIBALIK TALENTA SENI REALIS

Lukisan Abstrak karya Pelukis master Heno Airlangga

Sejatinya lukisan bergaya abstrak, ekspresionis, kontemporer ataupun gaya sejenisnya yang memiliki goresan non realis adalah sebuah karya seni pada tingkatan tertinggi hasil ciptaan sang seniman yang terhubung langsung dengan jiwa, imajinasi dan pikiran alam bawah sadar. Ia tidak terikat dengan aturan bentuk, warna, komposisi yang formal, akan tetapi ia mengalir secara bebas sesuai dengan jiwa dan imajinasi nya.

Setiap seniman bebas mengungkapkan ide, gagasan dan imajinasinya melalui karya lukisan, entah itu dalam bentuk lukisan realis, abstrak ataupun jenis aliran lukisan lainya. Seorang  seniman yang memulai berkarya dari lukisan bergaya realis atau naturalis dan ia menekuninya dengan baik, sehingga hasil karya lukisan realis atau naturalisnya terlihat sudah bagus, suatu saat ketika ia mengalami kejenuhan batin dan melompat kepada gaya lukisan abstrak  atau ekspresionis maka akan terlihat sebuah karya seni abstrak/ ekpresionis yang berbobot atau berkkualitas tinggi.
Hal ini berbeda, dengan seniman yang tanpa memiliki kemampuan dasar melukis realis atau naturalis yang bagus, tiba -tiba ia langsung melompat pada gaya lukisan abstrak atau ekspresionis, maka hasilnya akan jauh berbeda dalam hal kualitas jika dibandingkan dengan seniman yang memiliki tehnik dasar melukis realis atau naturalis yang bagus.

Lukisan realis karya pelukis master Heno Airlangga

Kemampuan melukis abstrak atau ekspresionis dengan terlebih  daulu melalui fase lukisan realis dan naturalis yang bagus sangatlah penting bagi seorang seniman yang mempunyai impian untuk menjadi seorang pelukis maestro abstrak, ekspresionis ataupun kontemporer.
Pelukis maestro abstrak Affandi, sang maestro impresionis S. Sudjojono, Hendra Gunawan, mereka adalah beberapa contoh pelukis maestro terkenal yang awal memulai berkarya dari aliran lukisan realis / naturalis.


JAVADESINDO Art Gallery
Galery online khusus lukisan berkelas

No comments: