12.27.2015

>> WASPADA DENGAN LUKISAN PALSU YANG BEREDAR SEKARANG INI


Sekarang ini lukisan palsu karya pelukis-pelukis maestro banyak beredar dan telah dikoleksi baik oleh kolektor seni maupun masyarakat awam, awalnya mereka membeli lukisan yang dijual sebagai lukisan asli dan mereka pun beranggapan dan yakin bahwa mereka membeli lukisan asli, akan tetapi setelah ditelisik lebih jauh dilakukan pengecekan keaslian lukisan oleh kurator ahli lukisan ternyata adalah lukisan palsu.

Mata rantai sindikat pemalsu lukisan bekerja secara teroganisir. Ada pelukis yang membuat lukisan palsunya. Ada juga penadah sekaligus pemodal yang membeli dari pelukis dengan harga tinggi. Kemudian lukisan itu dijual kembali ke kolektor dengan harga fantastis, seperti harga lukisan aslinya.

Sindikat pemalsu lukisan biasanya memberikan perbedaan sedikit di antara objek lukisan dengan yang aslinya. Atau, terkadang menggabungkan beberapa karya pelukis maestro, lalu diambil per objek dari masing-masing lukisan kemudian digabungkan. Tujuannya, untuk memberikan perbedaan, agar tidak sama persis objeknya dengan lukisan asli yang dipalsukan. Sehingga mengurangi risiko kecurigaan pembeli.

Yang lebih ekstrem lagi, ada pelukis yang memang khusus mendalami karakter pelukis maestro tertentu secara detail. Mulai dari karakter goresan, bentuk, warna, kanvas dan cat lukisan.

Di Indonesia pemalsuan lukisan telah lama terjadi, sejak era tahun 1950-an, namun sejak era tahun 2000-an pemalsuan lukisan semakin menjamur, dilakukan baik secara amatir maupun secara profesional. Untuk pemalsuan lukisan yang dilakuan secara amatir, tergolong mudah untuk dibedakan kasat mata, terutama dari karakter goresanya. Namun untuk pemalsuan lukisan yang dilakukan secara profesional, perlu kurator ahli lukisan khusus yang memiliki pengalaman, ketajaman intuisi tinggi terhadap lukisan, untuk bisa mendeteksi lukisan palsu secara detail dan teliti. Karena pemalsuan lukisan yang dilakukan secara profesional, meliputi;
  • Memproses.material canvas, cat, spanram dan bingkai lukisan, nampak seolah- olah terlihat tua dan klasik
  • Menggunakan canvas lukisan tua, untuk kemudian dilukis lagi, sehingga canvas benar-benar terlihat tua
  • Membuat lukisan palsu dengan meniru gaya dan tehnik goresan semirip mungkin dengan gaya tehnik goresan pelukis aslinya
Namun anda tidak perlu kawatir, bagi anda yang masih merasa ragu dengan keaslian lukisan maestro yang anda koleksi, atau anda kolektor lukisan yang akan membeli lukisan namun masih ragu dengan keaslian lukisan yang ingin anda beli, anda bisa menghubungi JAVADESINDO Art Gallery untuk membantu mengecek keaslian lukisan tersebut.

JAVADESINDO Art Gallery membuka layanan cek keaslian lukisan maestro legendaris, seperti: Raden Saleh, Affandi, S. Sudjojono, Lee man fong, Hendra Gunawan, WG Hofker, R. Bonnet, Antonio Blanco, Dll. Cek lukisan oleh kurator ahli lukisan berpengalaman dari JAVADESINDO Art Gallery.

Untuk info lebih lanjut, Anda bisa menghubungi nomor kontak kami:
Telp-sms-whatsapp: 081.329.7.329.11
Email: javadesindo@gmail.com
PinBB: 7fadbec1