12.18.2015

>> DAFTAR 10 LUKISAN PALING KONTROVERSIAL DALAM SEJARAH SENI RUPA


Seni sering kali menjadi cara bagi seseorang untuk menyampaikan protes atau menyatakan pendapat. Tak hanya lewat seni musik dan seni sastra, seni lukis juga kerap menjadi jalan untuk menyatakan ketidaksetujuan seorang seniman terhadap suatu hal.

Karena menyampaikan opini pribadi, sudah tentu karya yang dihasilkan terkadang menimbulkan kontroversi. Berikut beberapa lukisan paling kontroversial dalam sejarah seni rupa.


1. The Guitar Lesson
Lukisan yang berjudul 'The Guitar Lesson' ini dilukis oleh pelukis Polandia-Prancis, Balthasar Klossowski. Meski bertajuk belajar bermain gitar, kenyataannya lukisan tersebut tidak memiliki kaitan dengan judulnya. Justru lukisan ini memicu kontroversi karena menunjukkan seorang wanita tua yang sedang menarik bagian pribadi seorang gadis di pangkuannya.




2. Dewi Lakshmi Telanjang di Kepala Ganesha
Maqbool Fida Husain sering disebut juga Picasso-nya India. Ia sering melukis objek-objek yang absurd. Salah satu karyanya yang paling kontroversial adalah lukisan yang menunjukkan wanita telanjang yang disebut sebagai Dewi Lakshmi, menginjak kepala Ganesha. Saat lukisan tersebut dipamerkan, ia langsung mendapat 8 tuntutan hukum.




3. The Prophet
Lukisan yang dibuat Cedric Chambers ini mencoba menyatukan budaya pop dengan iman. Lukisan ini menimbulkan kontroversi karena menggambarkan Yesus tengah digendong oleh Darth Vader dari Star Wars. Sementara di belakangnya terlihat reruntuhan WTC dan seonggok rangka manusia.




4. Olympia
Lukisan karya Edouard Manet ini diprotes karena dianggap menunjukkan sosok yang vulgar. Dikatakan yang menjadi objek lukisan, yakni Goya La Maja Desnuda. Ketelanjangan yang ditonjolkan dengan warna yang ringan pada lukisan ini menjadi buah bibir banyak orang.




5. Myra
Lukisan karya Marcus Harvey ini menampilkan sosok pembunuh brutal 5 anak pada 1963-1965, Myra Hindley. Meskipun teknik pembuatannya cukup rumit karena terbuat dari cetakan tangan anak-anak kecil, lukisan ini dilempari telur oleh pengunjung saat dipamerkan di Royal Academy of Art.




6. Dewa Krishna
Seorang seniman dari Assam bernama Akram Hussain diprotes oleh umat Hindu saat melukis lukisan kontroversial ini. Dalam lukisan tersebut terlihat sosok Dewa Krishna telah dikelilingi 7 wanita berbikini di sebuah bar.




7. One Nation Under Socialism
Lukisan yang digarap John McNaughton ini diprotes karena menunjukkan sosok Obama yang membakar konstitusi USA sambil mengarahkan telunjuknya.




8. Ecce Mono
Tahun 1930 seniman Spanyol Garcia Martinez melukis sosok Yesus bermahkota duri di dinding gereja Santuario de Misericordia di Borja. Lukisan yang berjudul 'Ecce Homo' (Lihatlah Manusia Ini) ternyata makin lama makin memudar.

Tahun 2012 seorang amatir bernama Cecilia Gimenez mencoba memperbaiki lukisan tersebut. Bukannya mirip dengan yang semula, hasilnya malah aneh dan jadi cibiran banyak orang. Sampai-sampai lukisan tersebut berubah nama menjadi 'Ecce Mono' (Lihatlah Monyet Ini).




9. The Black Christ
Tahun 1962, seorang seniman Afrika Selatan Ronald Harrsion melukis Yesus sebagai orang kulit hitam. Yesus digambarkan sebagai ketua Kongres Nasional Afrika Albert Luthuli yang disalib dan dikelilingi mantan Menteri Hukum John Vorster dan mantan Perdana Menteri Hendrik Verwoerd sebagai tentara Romawi. Setelah ditampilkan di Gereja St Luke di Cape Town, sang seniman ditangkap oleh polisi dan disiksa karena dianggap melecehkan.




10. Madame X
Lukisan ini dibuat untuk menggambarkan wanita sosialita Prancis bernama Virginie Amelie Avegno Gautreau yang dikabarkan berzinah. Lukisan ini memicu kontroversi karena pose yang digambarkan tidak mencerminkan wanita dengan status sosial yang tinggi.


JAVADESINDO Art Gallery
Galeri online khusus lukisan berkelas, klik disini