10.23.2015

>> LUKISAN KARYA DULLAH MENGGAMBARKAN KEJAMNYA MASA PENJAJAHAN


" Praktek tentara pendudukan asing " karya Dullah, cat minyak diatas canvas, 136,5cm X 199cm.


Lukisan karya salah satu pelukis maestro Indonesia " Dullah " menggambarkan dengan jelas kejamnya masa penjajahan, dimana rakyat Indonesia dijajah oleh Belanda selama kurang lebih 350 Tahun, dan kemudia jepang selama 3,5 Tahun.
Dalam lukisan tergambar jelas, 4 tentara asing melakukan penganiayaan satu keluarga tanpa ampun, sang ayah yang sudah tewas tersungkur tertembak, dan sang ibu diseret, dipopor senjata. Sedangkan sang anak pun tak luput dari penganiayaan terlihat kepalanya dicengkram dan dijatuhkan.
Tak diketahui apa alasanya hingga satu keluarga tersebut menerima penganiayaan yang biadab tersebut, itu baru salah satu gambaran akan kekejaman para penajajah, masih banyak lagi kisah pilu yang dialami hampir seluruh rakyat Indonesia pada masa itu.

Masa-masa kelam ini terjadi dalam kurun waktu berabad-abad, menyimpan banyak sekali kisah pilu yang di alami rakyat dari kekejaman para penjajah, perampasan harta, penyiksaan dan pembunuhan menjadi pemandangan sehari-hari pada masa itu.
Banyak sekali para seniman lukis yang menjadi saksi akan kekejaman masa penjajahan dan kemudian mengabadikanya dalam karya lukisan diatas canvas, mereka adalah pelukis-pelukis maestro yang kita kenal saat ini, seperti Dullah, S. Sudjojono, Affandi, dan pelukis lainya yang kurang terkenal namanya.

Semoga seluruh rakyat Indonesia yang mengalami pahitnya masa penajajahan, dan para pahlawan yang telah rela berkorban harta, jiwa dan raganya untuk kemerdekaan Republik Indonesia, mendapatkan tempat yang indah ( Surga ) disisi Tuhan YME, aamiin....


JAVADESINDO Art Gallery