9.27.2015

>> LUKISAN VAN GOGH HILANG DARI MUSEUM MAHMOUD KALID, KAIRO - MESIR


" Poppy flower " karya Vincent Van Gogh, 1887

Lukisan Vincent van Gogh "Poppy Flowers" seharga US$50 juta ternyata belum ditemukan. Menteri Kebudayaan Mesir Farouk Housni membantah berita sebelumnya bahwa petugas keamanan di Bandara Kairo berhasil menangkap dua warga Italia dan menggagalkan pencurian karya maestro Belanda itu.

Farouk Housni menegaskan berita soal sudah ditemukannya "Poppy Flowers" adalah sebuah informasi yang tidak akurat.

Sebelumnya diberitakan, sebuah lukisan karya maestro Vincent van Gogh seharga US$50 juta atau setara dengan Rp 448 miliar sempat dicuri dari Museum Mahmoud Kalid di Kairo, Mesir. Lukisan yang dikenal dengan nama "Poppy Flowers" itu berhasil ditemukan kembali saat berusaha dilarikan ke luar negeri.

Petugas keamanan bandara di Kairo berhasil menyita dari dua warga Italia yang mencuri dan berusaha membawa ke luar Kairo. Pemerintah Mesir telah menahan dua warga Italia tersebut. Berita ini dibantah oleh Farouk Housni.

Pencurian lukisan Van Gogh ini adalah yang kedua kalinya. Sebelumnya, lukisan karya pelukis Belanda yang lahir pasca-impresionis ini dicuri pada 1978. Lukisan itu ditemukan di Kuwait dua tahun lalu di sebuah tempat yang dirahasiakan.

Menurut jaksa terkenal, Abdel Meguid Mahmud, pencurian kedua kalinya terjadi karena tidak ada alarm di museum yang menyala. "Setiap lukisan ada satu alarm, tapi sekali lagi tidak ada yang berfungsi," ujarnya. Sementara dari 43 kamera pengawas hanya ada tujuh yang berfungsi dengan baik.

Menurut para ahli, lukisan "Poppy Flowers" dibuat sekitar 1887. Lukisan bergambar bunga kuning dan merah di dalam vas ini berukuran sekitar 30 cm x 30 cm. Sebagian besar mahakarya Van Gogh diciptakan 29 bulan sebelum dia bunuh diri pada 1890 di usia 37 tahun.

Adapun Museum Mahmoud Khalil merupakan salah satu museum yang menyimpan karya seni terbaik abad ke-19 dan ke-20. Karya seni ini dikumpulkan oleh politikus Mohammed Mahmoud Khalil yang meninggal pada 1953. Karya seni antara lain milik, Claud Monet, Edouard Manet, Auguste Renoir dan Auguste Rodin, Gustave Courbet dan Francois Millet. ( Sumber )


JAVADESINDO Art Gallery
Lelang lukisan karya pelukis master, klik disini