7.23.2015

>> TINGKATAN KELAS PELUKIS DILIHAT DARI KUALITAS KARYA NYA



Lukisan karya Pelukis Master Heno Airlangga berjudul " Ke Agungan sang Maha Pencipta " Ukuran 95cm x 145cm, Lukisan cat acrylic diatas canvas, Tahun pembuatan 2015


Karya lukisan bisa menunjukan kualitas dan nama besar dari sang pelukis, di Indonesia ada puluhan ribu pelukis mulai dari yang tingkatan amatir hingga Maestro, dan jutaan karya lukisan yang beredar di Galeri seni ataupun pasar seni, juga yang telah dimiliki atau dikoleksi kolektor maupun per orangan.

Dari semua Pelukis baik yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal Dunia, semua memiliki karya lukisan ciptaanya, dan dari semua pelukis yang ada bisa diklasifikasikan dalam tingkatan kelas berdasarkan kualitas karya lukisanya, berikut klasifikasinya:

1. Pelukis Maestro Legendaris
Pelukis yang sudah memiliki nama besar dan terkenal baik dalam lingkup nasional maupun internasional, karya lukisanya diburu banyak kolektor seni, dan harga karya lukisanya sangat mahal, hingga Puluhan Miliar rupiah. Pelukis Maestro legendaris merupakan sebutan bagi pelukis besar dan terkenal, namun mereka sudah meninggal Dunia, seperi: Raden Saleh, Affandi, Hendra Gunawan, S. Sudjojono, Basuki Abdullah, Lee man fong, Rustamadji, dll.

2. Pelukis Maestro
Pelukis yang sudah memiliki nama besar dan terkenal baik dalam lingkup nasional maupun internasional, karya lukisanya diburu banyak kolektor seni, dan harga karya lukisanya sangat mahal, hingga Miliaran rupiah. Pelukis Maestro merupakan sebutan bagi pelukis besar dan terkenal, umur diatas 60 Tahun dan masih hidup, seperti: Djoko Pekik, Srihadi Soedarsono, Kartika Affandi, Maria Chui, Erika, dll.

3. Pelukis Master
Pelukis yang sudah memiliki nama besar dan terkenal baik dalam lingkup nasional maupun internasional, karya lukisanya diburu banyak kolektor seni, dan harga karya lukisanya sangat mahal, ada yang menembus harga Miliaran rupiah, sebagaimana lukisan karya Nyoman Masriadi. Pelukis Master merupakan sebutan bagi pelukis besar dan terkenal, mereka masih sangat produktif dalam berkarya dan umurnya masih tergolong usia produktif antara 30 - 50 an Tahun, seperti: Nyoman Masriadi, Heno Airlangga, Mas Dibyo, Nasar,  Eko Nugroho, dll.
Pelukis master seiring bertambahnya usia, dan mereka terus tetap berkarya hingga usia lanjut, mereka kemudian disebut sebagai pelukis maestro.

4. Pelukis Profesional
Pelukis yang memiliki karya lukisan berkualitas dan menekuni profesinya secara produktif, namun namanya belum dikenal secara luas, nama pelukis dikenal masih dalam lingkup lokal atau daerah, namun seiring berjalanya waktu, pelukis profesional memiliki peluang untuk namanya naik menjadi pelukis terkenal sekelas master hingga tahapan pelukis maestro. Usia pelukis profesional bervariatif, ada yang usianya masih muda dan ada yang sudah lanjut usia.

5. Pelukis Amatir
Pelukis yang baru dalam  tahap belajar, karya-karya lukisanya belum terlihat matang dan belum berkualitas karena masih dalam tahap belajar, dari segi warna, komposisi dan bentuk dari karya lukisanya masih banyak kekuranganya, namun dia memiliki bakat sebagai seorang pelukis.
Seiring proses pembelajaran dan berjalanya waktu, pelukis amatir memiliki peluang untuk naik kelas menjadi pelukis profesional hingga kelas pelukis maestro, tergantung seberapa gigih niat dan usahanya, baik dalam meningkatkan mutu karya dan produktifitas nya dalam berkarya.


Posting by JAVADESINDO Art Gallery
Lukisan  karya Pelukis Master, klik disini

No comments: