7.28.2015

>> TEMUAN AHLI TENTANG LUKISAN POTRET DIRI VAN GOGH, TERNYATA ADALAH KAKAK NYA



Lukisan potret diri Vincent (kiri) dan potret saudaranya Theo (kanan)

Sebuah lukisan karya pelukis Belanda Vincent van Gogh, yang selama ini diyakini sebagai lukisan potret diri pelukis Belanda itu, ternyata merupakan lukisan potret kakaknya, demikian disimpulkan para ahli.
Karya seni yang dipamerkan di Museum Van Gogh di Amsterdam itu diyakini sebagai satu-satunya lukisan yang menggambarkan Theo.
"Orang sering mengatakan, aneh tidak ada satupun lukisan wajah Theo, mengingat mereka berdua sangat dekat," kata juru bicara museum itu Linda Snoek.
Lukisan karya Vincent dari tahun 1887 itu dibuat ketika abang dan adik itu tinggal bersama di Paris.
Kepala peneliti museum, Louis van Tilborgh, menemukan fakta itu ketika dia membandingkan lukisan tersebut dengan potret diri lain dari Vincent van Gogh.
"Keduanya adalah lukisan kecil dan rinci yang kalau kita melihatnya kita akan berpikir keduanya harus bersama-sama," kata van Tilborgh.
Walaupun dua bersaudara itu tampak sangat mirip secara fisik, dia menemukan ada sejumlah perbedaan fitur antara Vincent dan Theo, termasuk bentuk kuping mereka yang berbeda dan warna janggut keduanya.
Pipi Theo tidak berjambang, fakta yang memang cocok dengan sejumlah foto dirinya pada saat itu, dan kupingnya lebih bulat.
Potret diri Vincent memperlihatkan satu kupingnya yang dia potong, baru dilukis kemudian.
Lukisan itu selama ini disimpan, tetapi sekarang dipamerkan di museum sebagai bagian dari pameran temuan baru mengenai masa yang dihabiskan Vincent van Gogh di Antwerpen dan Paris selama tahun 1885-1888.


Posting by JAVADESINDO Art Gallery
Lukisan repro Van Gogh berkualitas tinggi, order klik disini.


Sumber


No comments: