5.16.2015

>> LUKISAN " THE CONVERSATION " SEBUAH PERTEMUAN SERIUS, KARYA HENRI MATISSE



" The Conversation ( Percakapan) " adalah sebuah lukisan karya Henri Matisse yang dibuat tahun 1908-1912, menggambarkan sang seniman dan istrinya saling berhadapan di depan latar belakang warna biru yang kuat. Lukisan ini ada dalam koleksi Museum Hermitage di Saint Petersburg, Rusia.

Lukisan ini adalah diantara beberapa karya yang diperoleh langsung dari Matisse di Paris oleh kolektor Rusia Sergei Shchukin. Setelah Revolusi Rusia, koleksi Shchukin disita dan, pada tahun 1948, disumbangkan kepada publik bersama dengan koleksi Ivan Morozov, di Pushkin Museum of Fine Arts di Moskow dan Hermitage Museum di St Petersburg.

Matisse melukis The Conversation/ Percakapan tersebut setelah dia meninggalkan periode Fauvenya yang berciri sapuan kuas spontan itu dan memilih gaya yang lebih dekoratif dan bidang-bidang yang lebih datar. Lukisan ini berukuran besar 177 cm x 217 cm, yang menunjukkan profil Matisse, berdiri di sebelah kiri mengenakan piyama bergaris-garis, sementara istrinya, Amélie, duduk di sisi kanan. Di dinding biru di belakang mereka terletak sebuah jendela yang memperlihatkan pemandangan sebuah taman.

Sejarawan seni Hilary Spurling menyebut "pertemuan serius" ini sebagai penggambaran bentuk atau mekanisme yang mendalam tentang hubungan yang ditetapkan bagi kedua belah pihak tidak lama setelah mereka pertama kali bertemu pada tahun 1897, ketika Matisse memperingatkan calon istrinya bahwa, meskipun ia sangat mencintainya, tapi dia akan selalu lebih mencintai lukisan (atau kegiatan melukis).
Piyama yang dipakai oleh Matisse adalah pakaian santai yang populer di awal abad ke-20 di Perancis. Piyama diperkenalkan ke Eropa dari India, di mana pakaian tersebut dikenakan oleh para pekerja perkebunan teh, dan Matisse sering memakai piyama di studio saat ia melukis.

***************************************************
JAVADESINDO Art Gallery
Galeri online khusus lukisan berkelas, klik disini

No comments: