4.11.2015

>> LUKISAN KARYA PENYANDANG TUNA NETRA TERJUAL Rp.12,9 MILIAR



Kisah unik terjadi di Kansas, AS. Lukisan karya penyandang tunanetra terjual Rp12,9 miliar.
Jeffrey Owen Hanson, 21, telah menciptakan lebih dari 1.400 lukisan yang indah dengan bakatnya yang tak lagi diragukan. Tapi tahukah Anda Hanson adalah seorang penyandang tuna netra? Dalam sebuah kesempatan, orang tuanya menjual seluruh lukisan anaknya yang ternyata bernilai fantastis mencapai US$1 juta atau setara Rp12,9 miliar.

Pria muda asal Overland Park, Kansas, AS, itu didiagnosis menderita neurofibromatosis, kelainan genetik yang menyebabkan tumor otak yang membuatnya buta. Tak hanya buta, Hanson juga menderita beberapa masalah fisik dan mental.

Tapi kekurangannya tak membuat Hanson tidak putus asa. “Aku tidak pernah menangis selama kemoterapi atau radiasi. Saya pasti tersenyum dengan jalan yang harus saya melalui,” kata Hanson sebagaimana dilansir Christian Today, Selasa (7/4/2015).

Ketegarannya itu membuatnya semakin berkembang. Ibunya, Julie, memberinya cat air dan mendesaknya untuk melukis agar ia bisa sedikit melupakan penyakitnya. Di luar dugaan, lukisan Hanson sangat indah. Tapi, orang tuanya tak pernah berpikir  akan menjual lukisan hasil karya anaknya.

“Bagi saya, itu tidak lebih dari seni anak. Saya tidak melihat sesuatu yang luar biasa. Ini akan menjadi sesuatu yang akan Anda tempel sebagai hiasan kulkas dan melupakannya dalam beberapa hari atau membuangnya ke tempat sampah,”  kata ayah Hanson.

Julie, sang ibu tidak tega membuang kreasi anaknya, jadi dia melakukan sesuatu yang lain. “Saya menggunakan kartu catatannya untuk ucapan terima kasih selama kemoterapi dan radiasi. Tapi ketika aku mulai melakukan itu, teman-teman saya berkata, “Apakah Anda memiliki yang lain?” ujar Julie.

Saat itulah keluarga memutuskan menjual sebaguan besar lukisan Hanson di depan rumah mereka, dan sisanya akan disimpan. Sekarang, satu lukisan terjual setidaknya US$4.000 atau setara Rp51 juta.

Hanson memutuskan memberikan uang hasil lukisannya untuk menyumbang ke lebih dari 100 organisasi, termasuk Make-a-Wish Foundation. Setidaknya US$1 juta atau setara Rp12,9 miliar telah ia berikan kepada orang yang membutuhkan ( Sumber ).



***********************************************
Lukisan modern dan kontemporer karya Pelukis Master, klik disini