4.19.2015

>> LUKISAN ANAK - ANAK BERMAIN MANTEN - MANTENAN



Judul: Manten – mantenan
Pelukis: Heno Airlangga
Ukuran: 81cm x 112cm
Media: Acrylic on canvas
Tahun karya: 2014


Lukisan berjudul manten-mantenan, manten berasal dari bahasa jawa tengah khususnya wilayah Solo, jogjakarta dan semarang, manten dalam bahasa Indonesia berarti pernikahan.

Dalam setiap perayaan pernikahan atau mantenan adat masyarakat jawa, terutama anak-anak kecil senang menyaksikan perayaan tersebut, karena biasanya perayaanya cukup meriah, sebagai anak kecil setiap momen yang berkesan dan mengasyikan dalam pikiranya akan ditiru, salah satunya adalah manten-mantenan, kepolosan anak kecil, mereka tidak peduli apa itu pernikahan, yang menjadi keasyikan bagi mereka adalah kemeriahan perayaan mantenan, laki-laki dan perempuan dihias cantik dan tampan, dengan aneka jenis dan warna bunga menghiasi.

Sebagaimana dalam lukisan ini, 4 anak kecil sedang bermain manten-mantenan, ada anak laki dan perempuan yang dihias dengan bunga-bunga, dan mereka adalah manten nya, dua anak lainya seolah sebagai juru rias nya. Anak-anak kecil ini bermain riang menikmati kemeriahan meniru sebagaimana dalam perayaan mantenan. Lukisan ini menyampaikan kepolosan dunia anak-anak, dunia bermain dan dunia berekspresi. Untuk melihat koleksi lengkap lukisan karya Heno Airlangga, klik disini.

No comments: