12.17.2014

>> SEJARAH SENI RUPA KLASIK EROPA


" le guepier the invasion " lukisan karya William-bouguereau, 1893.

Perjalanan sejarah seni rupa modern di Eropa atau Barat memiliki benang merah yang jelas dan tegas. Alur dan bentangannya memperlihatkan satu kesatuan yang saling berhubungan. Gaya atau aliran yang satu muncul sebagai akibat menentang (mereaksi) aliran/gaya sebelumnya. Penentangan atau reaksi tersebut didasari argumentasi atau konsepsi senimannya yang sangat kuat. Pada dasarnya perjalanan atau perkembangan seni rupa Barat tidak lepas dari perjuangan terhadap nilai kebebasan dan kreativitas. Nilai kebebasan gaya yang satu ditentang oleh nilai kebebasan gaya yang lainnya, baik kebebasan segi pemilihan tema, estetika maupun teknik dan proses kreatifnya.

Mempelajari seni rupa pada dasarnya mempelajari peradaban manusia, sejarah peradaban tidak dapat dipisah-pisahkan, karena pada dasarnya kesenian antar bangsa memberi dan menerima pengaruh.

Khusus di era Seni Rupa Klasik Eropa, aliran ini dimaksudkan untuk meniru semirip mungkin bentuk-bentuk yang ada di alam. Hal ini sebagai akibat berkembangnya ilmu pengetahuan dan dimulainya kesadaran bahwa seni lukis mampu berkomunikasi lebih baik daripada kata-kata dalam banyak hal. Orientasi yang fundamental dari seni rupa Barat adalah seni klasik Yunani dan Romawi kuno.

Ciri-ciri Lukisan Klasik :
a.Lukisan terikat pada norma-norma intelektual akademis.
b.Bentuk selalu seimbang dan harmonis.
c.Batasan-batasan warna bersifat bersih dan statis.
d.Raut muka tenang dan berkesan agung.
e.Berisi cerita lingkungan istana.
f.Cenderung dilebih-lebihkan.

Para ahli berpendapat bahwa seni rupa Barat modern pada dasarnya bersumber dari zaman Yunani dan Romawi yang disebut zaman Klasik. Kebudayaan Yunani tersebut dibawa ke Eropa Barat melalui Roma. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada awal abad ke-19 menyebabkan munculnya berbagai produk. Keadaan ini akhirnya mengubah berbagai aspek kehidupan manusia, tak terkecuali di bidang seni rupa.

Perhatian manusia cenderung pada hal-hal yang bersifat material, hal ini menyebabkan pemberontakan seniman. Pemberontakan seniman termanifestasikan dalam bentuk-bentuk kreativitas, sehingga di dunia perkembangan seni rupa lahir aliran-aliran dalam seni rupa yang saling menerusakan atau menentang aliran - aliran sebelumnya.


Posting by JAVADESINDO Art Gallery
Data artikel dari berbagai sumber


*) Lukisan klasik repro berkualitas tinggi, asli lukisan tangan, cat minyak diatas canvas, order di JAVADESINDO Art Gallery


2 comments:

Agus Nugroho SB said...

Informasi yang luar biasa sekali sobat...
Saya juga ingin berbagi dengan sahabat-sahabat seni..
berikut ini ada link tentang legeandaris Leonardo Da Vinci secara lengkap..
semoga bermanfaat :)


http://senibudayasenirupaa.blogspot.com/2015/02/leonardo-da-vinci.html

JAVADESINDO Art Gallery said...

Terima kasih telah berkunjung, dan senang berbagi informasi dengan Bp. Agus.