11.24.2012

>> INVESTASI LUKISAN, SEBAGAI KOLEKSI BENDA SENI


Lukisan adalah bagian dari karya seni, dan merupakan salah satu karya seni yang abadi, sejak jaman manusia prasejarah sudah mengenal namanya karya seni lukisan yang diwujudkan oleh mereka dengan membuat goresan-goresan pada dinding-dinding goa, ada yang berbentuk manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan namun masih dalam bentuk-bentuk yang masih sangat sederhana. Hingga sekarang, karya lukisan sebagai karya seni keberadaanya dan pengaruhnya semakin  diperhitungkan, baik sebagai media yang menjadi saksi perubahan dan perkembangan sebuah peradaban, budaya, lingkungan, politik dan Bangsa.
Dan lebih luas lagi sebagai koleksi seni kebanggaan bagi para kolektor seni atau para pecinta lukisan, sebagai hiasan dekorasi interior ruangan seperti kamar hotel, lobi hotel,ruangan apartment, ruangan dalam rumah pribadi, kantor, dll. Seiring perkembangan jaman yang semakin maju dan perdagangan global yang semakin luas, dan itu artinya kualitas hidup dan perkembangan pengetahuan semakin tinggi, maka lukisan sudah mulai masuk dalam ranah bisnis, dimana lukisan sudah mulai dilirik sebagai benda koleksi seni untuk investasi bisnis baik untuk jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

Jika dianalisa lebih jauh memang berinvestasi dalam lukisan hampir tidak ada resiko kerugian (benefit loss), yang ada malah keuntungan, karena sifat lukisan sendiri adalah barang yang tahan lama/ awet, asal perawatan baik bisa bertahan hingga ratusan tahun, semakin lama umur lukisan maka akan terlihat semakin antik, biasanya harga juga semakin bertambah, dan jika beruntung memiliki koleksi lukisan dari pelukis yang namanya tiba-tiba terkenal dan diburu para kolektor, maka harga lukisan tersebut bisa langsung melambung tinggi.

Seperti banyak kisah-kisah para pemilik lukisan karya pelukis terkenal, yang menjadi orang kaya karena investasi lukisan,  yang pada awalnya para pembeli hanya membeli dengan harga rendah dari pelukisnya langsung, seiring perubahan waktu tiba-tiba nama pelukis tersebut menjadi terkenal dan harganya menjadi fantastis karena banyak diburu para kolektor. Ada banyak cerita orang yang sukses lantaran berinvestasi di lukisan, banyak orang kaya yang berhasil dari berinvestasi dilukisan.

Namun  juga perlu banyak informasi dan pengetahuan bagi anda yang ingin berinvestasi di lukisan, terutama bisa membaca situasi saat ini dan kedepanya tentang jenis lukisan apa yang bisa laku dipasaran, dan pasar lukisan juga ada kelas-kelasnya: kelas menengah, kelas atas dan paling tinggi adalah kolektor papan atas. Dari pengamatan kami, berikut kategori jenis lukisan yang baik untuk investasi:

1. Lukisan  karya Pelukis Master

"Sepasang Ayam" 
Pelukis: Heno Airlangga
Ukuran: 111cm x 64cm
Media: Oil on Canvas
Tahun: 2015
Estimasi harga: Rp.9 Juta - Rp.15 Juta

Lukisan karya pelukis senior, bisa pelukisnya masih muda ataupun sudah tua, yang terpenting terlihat kualitas dari hasil karya lukisanya baik dilihat dari sisi tehnik maupun makna lukisanya, untuk investasi kedepanya bagus, selama belum terjual bisa dipajang sebagai dekorasi ruangan, dan ini masuk dalam keuntungan selama memiliki lukisan sebelum terjual kembali. Nilai lukisan dalam kategori ini kedepanya memiliki potensi besar untuk terjual dengan harga lebih tinggi, dan bahkan jika beruntung harganya bisa melambung berkali-kali lipat efek dari nama pelukis menjadi terkenal.








2. Lukisan repro karya pelukis maestro terkenal Dunia

"The Starry nigth" 
Pelukis: Van Gogh
Ukuran: 73.7 cm × 92.1 cm (29 in × 36¼ in)
Media: Cat minyak on canvas
Tahun: 1889
Estimasi harga versi asli: Rp.900 Miliar (US $ 95 Juta)
Estimasi harga versi repro: Rp.3,8 Juta - Rp.25 Juta

Lukisan repro karya pelukis maestro legendaris Dunia, khusus mengkoleksi kategori lukisan jenis ini menyasar untuk kalangan kelas menengah dan kelas atas, karena harga lukisan versi aslinya sangat mahal maka alternatif lain adalah mengkoleksi dalam bentuk lukisan repronya dan tentu saja harganya jauh dibawah harga aslinya.
Diantara versi lukisan repro maestro Dunia yang bisa untuk investasi, beberpa contoh antara lain lukisan karya: Picasso, Van Gogh, Renoir, Monet, Rembrandt, Leonardo da vinci, Gauguin, Lukisan Klasik, Dll.

Sekedar untuk koleksi sebagai hiasan dekorasi interior ruangan dan koleksi seni repro, jika kualitas hasil lukisan repronya mirip dengan aslinya maka harga jualnya kembali bisa terus meningkat meskipun tidak signifikan. Sebagai catatan, jika mengkoleksi lukisan repro ini maka harus jujur, jika menjualnya kembali harus mengatakan bahwa yang dijual tersebut lukisan versi repronya sehingga tidak masuk dalam kategori penipuan.


3. Lukisan asli karya para pelukis maestro terkenal

"Wajah-wajah putra Irian"
Pelukis: Affandi
Ukuran: 98cm X 126cm
Media: Cat minyak on canvas
Tahun: 1974
Estimasi harga: Rp.2,6 miliar -Rp.3,8 miliar

Lukisan original karya para pelukis maestro terkenal, dalam kategori ini dana yang dikeluarkan untuk investasi lukisan sangat besar, bisa sampai miliaran rupiah karena harga lukisan maestro versi aslinya harganya memang fantastis, kalau membeli dari tempat lelang memang harganya sangat tinggi, namun alternatif lain untuk mendapatkan harga yang lebih rendah bisa membelinya dari kolektor perseorangan, namun untuk alternatif ini anda harus hati-hati dengan lukisan palsu, untuk  mengantisipasinya anda bisa menggunakan jasa kurator lukisan yang sudah berpengalaman.

Investasi lukisan dikategori lukisan maestro original ini memiliki tingkat keuntungan yang paling tinggi jika dijual kembali, bila beruntung mendapatkan pembeli yang sangat suka dengan lukisan maestro yang anda koleksi, biasanya sang pembeli tersebut berani membeli dengan harga berapapun, dan itu artinya keuntungan yang berlipat untuk anda.
Perlu diketahui bahwa harga dari sebuah karya seni tidak memiliki patokan yang pasti, jadi sah sah saja berapapun harganya asalkan sang pembeli suka dan sepakat dengan harga yang ditawarkan.

Pilihan berinvestasi lukisan ada ditangan anda, jenis lukisan mana yang ingin anda koleksi untuk investasi, bisa juga menggabungkan dari ketiga kategori diatas, dan yang tidak kalah pentingnya adalah ketersediaan jumlah dana investasi anda.




Posting by JAVADESINDO Art Gallery
Galeri online lukisan terlengkap dan terbesar



No comments: