10.21.2012

>> LUKISAN BERNILAI TRILIUNAN DICURI DARI MUSEUM KUNSTHAL-BELANDA

Salah satu pencurian seni terbesar dalam sejarah, tujuh lukisan bernilai Ratusan juta euro ( Triliunan Rupiah), termasuk karya Picasso dan Monet, dicuri dari Museum Kunsthal di kota Rotterdam Belanda pada pukul 3 pagi dini hari, selasa 16 oktober 2012. Gerombolan pencuri berhasil memotong sistem alarm canggih, polisi setempat mengatakan hal tersebut adalah perampokan terencana, sejauh ini polisi belum bisa memastikan keberadaan para pencuri dan barang-barang mahal tersebut. Namun para ahli lukisan menegaskan, para pencuri ini jelas pakar dan tahu persis jenis lukisan apa yang pantas dibawa, para pencuri tahu apa yang berharga.
Salah satu Museum seni terbesar di Belanda yang kemarin menjadi korban dari salah satu perampokan seni terbesar dalam sejarah tersebut telah melaporkan bahwa tidak ada penjaga yang bertugas pada saat itu. Salah satu lukisan yang dicuri adalah lukisan kubisme karya Picasso, yang disumbangkan pelukis Spanyol itu kepada Yunani pada 1949. Itu dilakukan sebagai tanda terima kasih kepada rakyat Yunani atas perlawanan mereka terhadap pasukan pendudukan Nazi Jerman selama Perang Dunia II.

Total tujuh lukisan yang dicuri adalah karya Monet ( Waterloo Bridge dan Charing Cross Bridge, tahun 1901), Picasso ( Harlequin Head, tahun 1971), Henry Matisse (Reading girl in white and yellow, 1919), Lucian Freud (Woman With Eyes Closed, tahun 2002), Paul Gauguin (Girl in Front of Open Window, tahun 1898) dan Meyer de Haan (Autoportrait, tahun 1890). Tujuh lukisan tersebut dicuri dari sebuah pameran museum, yang menampilkan koleksi pribadi lebih dari 150 lukisan dan sebagian besar milik yayasan Triton, yang hanya dipamerkan selama beberapa hari dalam rangka merayakan ulang tahun ke-20 Museum Kunsthal.

Satu lagi adalah gambar sketsa sosok St Diego de Alcala menggunakan media tinta dan pen, karya pelukis abad ke-16 dari Italia, Guglielmo Caccia. Kemudian juga lukisan Mondrian berhasil dilepas dari piguranya, tetapi tidak sempat dibawa lari oleh para pencuri. Pencuri berhasil mencuri Lukisan dalam waktu kurang dari 8 menit dan sudah direncanakan dengan sangat matang.

Daftar lukisan yang dicuri:

Claude Monet, Charing Cross Bridge, 1901




Claude Monet, Waterloo Bridge, 1901




Henri Matisse, Reading girl in white and yellow, 1919




Lucian, Woman with Eyes Closed, 2002




Meyer de Haan, Autoportrait, 1890




Pablo Picasso, Harlequin Head, 1971




Paul Gauguin, Girl in Front of Open Window, 1898


Roland Ekkers, juru bicara kepolisian mengatakan bahwa Kasus pencurian ini merupakan salah satu kasus pencurian yang paling dramatis dalam beberapa tahun terakhir, dan salah satu pencurian karya seni terbesar yang pernah ada di Belanda.
Sedangkan Jop Ubbens pimpinan Gallery Christie di Amsterdam, mengatakan bahwa lukisan-lukisan yang dicuri bernilai ratusan juta euro, jika dijual secara resmi di tempat pelelangan, dan lukisan karya Picasso adalah yang paling terkenal diantara karya-karya yang dicuri.
Museum Kunsthal merupakan salah satu yang terbesar di Belanda dalam menghimpun lukisan karya pelukis ternama di Eropa. Lukisan yang diambil adalah koleksi Triton Foundation yang pertama kali dipamerkan kepada publik, dimana memamerkan lebih dari 150 karya lukisan seniman terkenal, termasuk Alexander Calder, Paul Cezanne, Marc Chagall, Salvador Dali, Edgar Degas, Marcel Duchamp, Jasper Johns, Roy Lichtenstein, Agustus Rodin, dan Andy Warhol.

Pada tahun 2010, juga pernah terjadi pencurian lima lukisan dari Museum d'Art Moderne di Paris, termasuk diantaranya adalah lukisan karya Picasso dan Henry Matisse, yang diperkirakan bernilai $ 124 juta ( Rp.1, 2 Triliun ).



Sumber: Daily Mail





No comments: