11.20.2011

>> SEKILAS TENTANG BUKU KOLEKSI SENI BUNG KARNO


Pelukis: Basuki Abdullah
Judul: DR.Ir.Soekarno Presiden RI
Media: Oil on Canvas
Ukuran: 149cm X 94cm
*) Lukisan ini adalah salah satu koleksi Bung Karno, yang terdapat pada buku jilid II



Pada Tahun 1956 buku yang berisi lukisan – lukisan koleksi Dr. Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia pertama, telah diterbitkan oleh pustaka kesenian di Peking ( Tiongkok ) terdiri dari jilid ke-I dan ke-II, kemudian disusul jilid ke-III dan ke-IV, pada Tahun 1959.

Dalam penerbitan tersebut diatas, hanya terdapat 384 buah koleksi lukisan, sedangkan lukisan – lukisan dalam koleksi beliau selalu bertambah sesuai dengan perkembangan kemajuan kebudayaan dan kesenian Indonesia sejak proklamasi kemerdekaan.
Dalam menyusun buku koleksi seni Bung Karno ini, telah ditunjuk satu tim ahli untuk mengumpulkan data dan menyusunya menjadi tiap-tiap seri buku, yang setiap serinya terdiri dari 5 jilid.

Buku jilid I – IV terdiri dari koleksi lukisan – lukisan, yang setiap jilidnya di isi 100 koleksi lukisan terpilih karya dari para pelukis maestro legendaris terkenal Indonesia dan Dunia, seperti: Affandi, Basuki Abdullah, Hendra Gunawan, Lee man fong, S.Sudjojono, Le Mayeur, Antonio Blanco, Walterspies, R. Bonnet, W.G Hofker, Theo Meiyer, dan masih banyak lagi. Sedangkan di buku jilid ke-V khusus di isi koleksi patung – patung dan porselen yang bernilai seni dan sejarah yang tinggi.

Terdapat salah satu tim penyusun buku koleksi Bung Karno, adalah seorang pelukis maestro terkenal yaitu Lee man fong, yang juga menjadi pelukis Istana Presiden Republik Indonesia pada masa itu.

Buku koleksi seni Bung Karno, diterbitkan oleh panitia penerbit lukisan – lukisan dan patung – patung koleksi Presiden Soekarno, dan dicetak oleh PT. Percetakan Toppan, Tokyo, Jepang. Buku ini diterbitkan dalam 3 bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan Bahasa Jepang, sedangkan untuk bahasa Indonesia nya masih menggunakan ejaan tempoe doeloe.

Dalam penerbitan buku koleksi seni Bung Karno ini, mendapat sambutan hangat dari para pecinta seni rupa di seluruh Dunia.


Sumber dari “Buku Lukisan dan Patung koleksi Presiden Soekarno”
Posted by JAVADESINDO Art Gallery

Rumah Lelang Online khusus Lukisan Maestro Original:

Lelang online khusus lukisan maestro


11 comments:

esthu84 said...

saya punya semua buku koleksi ini sekitar ada 5 atau 6 saya lupa, yg jelas asli. tp syg seribu syg koleksi ini hilang entah dicuri atau kemana, hanya punya beberapa scananya btk jpg..

Unknown said...

Saya jg punya neh lengkap 1 set ada 5 buku,warisan dari kakek,niat ny seh mau di jual 1,5m semua asli minat call me 081806161001

esthu84 said...

buset mahal amat om, di tempat lain paling banter 30 juta

Unknown said...

Berminat untuk beli lagi ga om set buku nya? Saya ada lengkap dan terawat. 😊

Anonymous said...

Keluarga saya juga punya 1 set Buku Koleksi Lukisan Bung Karno (1964), umur buku sudah 50 tahun lebih, asli banget original ,terawat, bagus 5 jilid , masih utuh lengkap tak ada yang kurang, bersih , bagi yang berminat hubungi(Call me)/ kirim sms ke 085102677993

Unknown said...

saya punya edisi IV tahun 1 Januari 1959, asli yang beredar
dari tiongkok

Unknown said...

Saya juga punya ni. Dulu saya beli di toko buku bekas,harganya cuma 2,5jt dulu. Tapi saya gak ada niat mau jual 😄 sayang dijual

UD. Putra Hayat said...

saya ada hub..081220547389

Unknown said...

Saya ada jilid 1 SD 5.
Silahkan ditawar berapa.
WA 87821913368

Anonymous said...

Aku juga punya buku koleksi Bung KARNO asli jilid II , III dari hasil ( gudang lelang ) BEA CUKAI Halim Perdana Kusuma th 1982 dari jepang terdiri dari lukisan lukisan Disusun oleh LEE MAN-FONG sebanyak 219 dsn 217 halaman oleh percetakan TOPPAN CO,LTD. TOKYO JAPAN 1964 yang berminat hub. 0811841535

Anonymous said...

Saya punya 1 set buku lukisan Soekarno jilid msh lengkap.
Jika berminat silahkan hub saya
Hub. 081259714180