11.23.2011

>> HAL - HAL YANG HARUS DIHINDARKAN AGAR LUKISAN TIDAK RUSAK

"Rest on flight to Egypt" by Caravaggio

Berikut kami bagikan informasi tentang hal – hal yang harus dihindarkan agar lukisan yang kita koleksi tidak rusak, sehingga bisa awet dan berumur panjang hingga ratusan tahun.

1. Hindarkan lukisan dari terpaan sinar matahari langsung, agar warna tidak pudar, canvas dan cat tidak lapuk.

2. Hindarkan lukisan dari penempatan pada tempat dan posisi yang lembab, karena bisa menyebabkan timbulnya jamur pada permukaan canvas dan cat, sehingga menyebabkan rapuhnya cat dan canvas.

3. Hindarkan lukisan dari debu yang menumpuk dalam kurun waktu yang lama, sebaiknya lukisan dibersihkan secara berkala minimal 1 Bulan sekali, untuk menghilangkan debu, cukup dilap dengan kain lembut atau kuas yang bulunya lembut.

4. Hindarkan penempatan lukisan pada area yang memiliki tingkat aktifitas tinggi atau mudah terjangkau anak –anak, karena beresiko lukisan jatuh tersenggol atau terkena benturan benda pada saat ada aktifitas, sehingga bisa menyebabkan lukisan rusak dan robek.

5. Hindarkan lukisan dari penempatan yang berpotensi terkena tampias air atau kebocoran pada atap, karena dapat langsung menyebabkan timbulnya jamur dan noda permanen pada Lukisan

6. Hindarkan dari kecerobohan saat pemindahan lukisan dalam penempatan yang baru, seringkali terjadi lukisan robek akibat terbentur saat pemindahan lukisan, karena kecerobohan yang tidak hati – hati.

Itulah beberapa informasi seputar perawatan lukisan, karena lukisan adalah sebuah karya seni dan aset masa depan yang bernilai tinggi, maka perlu kita prioritaskan dalam perawatanya, semoga informasi ini bermanfaat.



Posted by JAVADESINDO Art Gallery
Galeri online khusus lukisan berkelas



No comments: