11.19.2011

>> 4 MEDIA DAN BAHAN YANG UMUM DIGUNAKAN SEBAGAI BAHAN MELUKIS

Melukis merupakan sebuah pekerjaan, aktifitas dan hobi yang mengasyikan, melalui dunia imajinasi, kita bisa melukiskan apa saja yang ada dalam Dunia imajinasi alam pikiran kita tanpa batas, diatas canvas, kertas, kayu, atau bahan apapun yang bisa digunakan sebagai bahan untuk berkarya membuat lukisan.

Berikut beberapa media dan bahan yang umum atau biasa digunakan sebagai bahan untuk melukis:


Media Lukisan: Cat minyak diatas canvas

1. Cat minyak diatas canvas, adalah bahan yang paling populer, dan biasa digunakan dalam melukis, karena pemakaian yang mudah diaplikasikan serta hasil lukisanya bisa digunakan dalam berbagai tehnik gaya lukisan, halus ataupun bertekstur.
Bahan melukis ini berbasis minyak, dan memiliki tingkatan kualitas mulai dari kualitas standart hingga kualitas tinggi, dan dibedakan dengan harga.
Baik pelukis pemula atau pelukis profesional, sering menggunakan bahan material cat minyak dan canvas sebagai media pilihan untuk melukis.
Cat minyak untuk melukis tersedia dalam kemasan tube, beberapa brand produk diantaranya: Rembrantd, Van Gogh, Winsor dan Talens.
Sedangkan untuk kualitas canvasnya dibedakan dengan tebal tipis kain canvas, biasanya semakin tebal canvas, maka semakin bagus pula tingkat kualitasnya.





Media Lukisan: Cat Acrylic diatas canvas

2. Cat Acrylic diatas canvas, bahan untuk melukis ini, memiliki tehnik dan aplikasi penggunaanya hampir sama dengan cat minyak, hanya saja, perbedaanya untuk cat acrylic ini berbasis air, dan penggunaan tehnik goresanya adalah goresan tebal/ opaque, lebih sulit dari tehnik cat minyak, karena cepat kering.
Untuk hasil kualitas tehnik lukisanya, cat minyak lebih unggul dari segi kehalusan khususnya untuk lukisan gaya realist dan naturalist. Sedangkan untuk daya tahan/ keawetan catnya sama dengan cat minyak. 
Hanya pelukis yang  memiliki bakat kemampuan jam terbang tinggi yang bisa melukis menggunakan cat acrylic, dengan hasil sehalus cat minyak.
Sama seperti cat minyak, untuk lukisan cat acrylic ini juga sensitif dengan terpaan sinar matahari langsung secara terus - menerus, yang menyebabkan pudarnya warna.






Media Lukisan: Cat air diatas kertas

3. Cat Air diatas kertas , gaya dan tehnik yang dipakai dalam lukisan cat air diatas kertas adalah tehnik transparant atau penggunaan warna yang tipis dan sapuan kuas berulang, efek dari tehnik cat air sangat unik dan khas, warna yang ditimbulkan adalah warna-warna soft indah.
Alat kuas yang digunakan untuk melukis dengan cat air, berbeda dengan kuas yang digunakan untuk melukis dengan cat minyak. Kuas cat air memiliki bulu kuas lebih halus dan lembut.
Lukisan cat air, memiliki perlakuan yang lebih khusus jika dibandingkan dengan lukisan cat minyak, karena bahan dan cat untuk lukisan cat air lebih sensitif dengan cuaca dan kelembapan. Biasanya lukisan cat air diframe dengan menggunakan kaca, dan ditempatkan dalam posisi ruangan kering dan terlindung dari terpaan sinar Matahari langsung.






Media Lukisan: Pastel diatas kertas

4. Pastel diatas kertas, penggunaan bahan pastel untuk melukis, biasanya digunakan oleh pelukis yang masih belajar atau pemula.
Sedangkan untuk pelukis profesional, biasanya digunakan untuk lukisan sketsa langsung.
Setiap media dan bahan yang digunakan untuk melukis memiliki efek unik tersendiri dari masing-masing bahan tersebut, begitu juga dengan lukisan pastel diatas kertas.
Para pelukis maestro juga terkadang menggunakan pastel sebagai bahan untuk melukis.
Pastel memiliki dua bahan dasar, yaitu pastel berbasis air dan pastel berbasis minyak, pastel berbasis minyak memiliki kualitas yang lebih unggul untuk melukis, jika dibandingkan dengan pastel berbasis air.

Itulah, 4 media dan bahan yang umum atau lebih sering digunakan oleh para pelukis untuk berkarya. Sebenarnya, dalam Dunia lukisan, eksplorasi penggunaan bahan material untuk melukis tidak terbatas, apapun media dan bahan bisa dimanfaatkan untuk membuat karya lukisan, dan setiap bahan media memiliki efek keunikan tersendiri.



Posting by JAVADESINDO Art Gallery
Galeri online khusus lukisan berkelas

No comments: