Sunday, June 26, 2011

>> TOP 10 PELUKIS MAESTRO LEGENDARIS DUNIA



1. Leonardo da Vinci

Terkenal dengan Lukisan “Monalisa” dan “Last Supper”, Leonardo da Vinci merupakan Pelukis pada masa Abad-14 M, berasal dari Italia. Disamping seorang Pelukis, dia adalah seorang Arsitek, Sastrawan, Musisi dan Pematung.
Salah satu Lukisanya yang Populer “Monalisa” pernah menjadi pembicaraan Dunia, hingga di Filmkan dalam judul “da Vinci Code”





















2. Pablo Picasso 
Dilahirkan pada Tahun 1881 dikota Malaga, Spanyol. Gaya Aliran Lukisanya adalah Impresionism dan Kubisme, salah satu karya Lukisanya yang berjudul “a la pipe” yang dilukis pada Tahun 1904 menjadi salah satu karya Lukisan termahal di Dunia dengan harga US $ 104 Juta atau sekitar Rp.1 Triliun.
























3. Vincent van Gogh 
Pelukis asal Netherland yang lahir pada Tahun 1853, karya-karya Lukisanya pada masa hidupnya tidak pernah dihargai oleh masyarakat dan tidak pernah mendapat penghargaan dari para pengamat seni, akan tetapi setelah meninggalnya, baru karyanya mendapat apresiasi yang luar biasa, setelah salah seorang pengamat dan ahli seni rupa senior memberikan analisa bahwa Lukisan karya Van Gogh merupakan cikal bakal dari gaya aliran baru, merupakan tonggak lahirnya aliran Lukisan modern.

Dan sejak saat itu karya-karya Lukisanya banyak diburu para kolektor kelas Dunia, dengan harga yang fantastis dan masuk dalam jajaran Top 10 Lukisan termahal Dunia.

















4. Rembrandt Salah satu Pelukis Maestro Dunia yang hidup pada Tahun 1606 – 1669 asal Netherland. Karya-karya Lukisanya banyak melukiskan tema tentang cerita Al kitab, para Tokoh, Pemandangan Alam dan nuansa kehidupan pada masanya.
Gaya tehnik melukisnya yang berkarakter, menjadikan karya-karya Lukisanya populer dan banyak diburu Kolektor kelas Dunia.






















5. Raden Saleh Salah satu Pelukis Maestro legendaris Dunia berkebangsaan Indonesia yang hidup pada masa Tahun 1807 – 1880, pada masa tersebut merupakan era penjajahan Belanda di Indonesia.
Tema-tema karya Lukisan Raden Saleh banyak di inspirasi dan dipengaruhi dari tempat dan lingkungan dimana dia tinggal, antara lain karya Lukisan Raden Saleh melukiskan tema-tema tentang: Perjuangan, perburuan dan figur-figur tokoh pada saat Beliau belajar ke Eropa khususnya Belanda.
Kesempurnaan karya Lukisanya tampak menonjol pada setiap anatomi obyek Lukisan, ekspresi yang hidup pada setiap obyek Lukisan, pengolahan warna yang sempurna, permainan pencahayaan, komposisi obyek dan yang tak kalah penting adalah penjiwaan makna dari setiap karya Lukisanya

















6. Gustav Klimt Pelukis berkebagsaan Austria, hidup pada Tahun 1862 – 1918, salah satu karyanya yang terkenal “Portrait of Adele bloch-baeur” dilukis pada Tahun 1907, Lukisan ini memecahkan rekor Lukisan termahal sepanjang sejarah, yang laku terjual pada Suatu rumah Lelang Sotheby, senilai US $ 135 Juta atau sekitar Rp.1,3 Triliun




























7. Pierre Aguste Renoir Pelukis beraliran Impresionism, merupakan Pelukis berkebangsaan Perancis yang hidup pada Tahun 1841 – 1919, karya-karya Lukisanya merupakan cerminan nuansa kehidupan pada masanya yang melukiskan tentang alam, sudut-sudut kota, figur manusia dan aktifitas kehidupan sehari-hari, dilukis dalam gaya Impresionism yang berkarakter.






















8. Jean Claude Monet Adalah Pelukis asal Perancis, lahir di Paris pada 14 November 1840, merupakan salah satu Pelukis Maestro Dunia dengan gaya aliran Lukisan Impresionism yang memukau, karya-karya Lukisanya merupakan goresan Lukisan langsung bertema alam, figur manusia dan sudut-sudut kota.




























9. Paul Cezanne Salah satu Pelukis Maestro Dunia pada masa post Impresionism, hidup pada Tahun 1839 – 1906, gaya aliran Lukisan impresionis nya sangat berani dengan gaya goresan tegas dan permainan warna yang berani dalam nuansa kontras. Salah satu karya Lukisanya masuk dalam daftar Top 10 Lukisan termahal di Dunia.



























10. Paul Gauguin Pelukis asal Perancis, karya-karya Lukisanya merupakan goresan kisah dari perjalanan hidup dan petualanganya, bisa dikatakan karya-karya Lukisanya adalah diary nya dari masa beliau hidup di kota paris hingga perjalananya berpetualang ke sebuah Pulau terpencil Polynesia, dengan kehidupan suku primitive. Karakter karya-karya Lukisanya adalah ciri khas keberanianya dalam mengolah warna-warna terang dan kontras.


Itulah Top 10 Pelukis Maestro legendaris Dunia versi JAVADESINDO Art Gallery, yang dipilih berdasarkan kepopuleranya dari masing-masing Pelukis yang sering mendapat apresiasi dari para pengamat Seni Rupa khususnya pengamat Lukisan, sejak dahulu hingga sekarang.











Posting by JAVADESINDO Art Gallery


No comments:

Post a Comment